Home Agama Pengajian Buka Puasa Bersama TPA As – Sakinah SMA Muhi

Pengajian Buka Puasa Bersama TPA As – Sakinah SMA Muhi

165
0
SHARE
Pengajian Buka Puasa Bersama TPA As – Sakinah SMA Muhi

YOGYAKARTA -- Parahyangan Post -- Ada yang berbeda dengan aktivitas buka puasa bersama anak TPA As – Sakinah pada Ahad, 24 April 2022. Sore itu Masjid As - Sakinah SMA Muhi dipadati oleh sekitar 40 anak usia TK dan SD yang tinggal di sekitar sekolah. Mereka berkumpul masjid sekolah tercinta karena sedang mengikuti pengajian TPA menjelang berbuka puasa. Acara ini terselenggara atas kerjasama pengurus TPA As – Sakinah dan panitia Ramadhan 1443 H SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Sejatinya aktivitas pengajian ini akan dilakukan di halaman sekolah, namun karena hujan maka dipindah di dalam masjid. Kegiatan dimulai sekitar pukul 15.30 WIB dengan diawali terlebih dengan berdoa. Pada kesempatan ini Bunda Utami menyampaikan pengajian dengan tema “Ikhlas Memberi, Meminta Maaf Setiap Saat”.

Setelah anak – anak selesai berdoa dan perkenalan dengan Bunda Utami, sekitar pukul 16.30 WIB Bunda Utami mulai menyampaikan isi pengajian. Bunda Utama mengawali pengajian dengan menjelaskan bahwa salah satu amalan utama di Bulan Ramadhan adalah memberi sedekah. Bersedekah di Bulan Ramadhan sangat istimewa karena pahalanya berlipat – lipat jika dibandingkan bulan lainnya. salah satu manfaat dari bersedekah adalah sebagai penolak bala dan menahan musibah dan kejahatan bagi seseorang yang sering mengamalkannya. Agar sedekah kita bernilai pahala di sisi Allah SWT maka syarat utamanya adalah harus ikhlas hanya karena Allah SWT. Selanjutnya Bunda Utami juga menyampaikan bahwa di akhir Bulan Ramadhan sesuai tradisi umat Islam kita harus saling memberi maaf dengan sesama manusia. “Jadi anak – anak dengan kita berpuasa di Bulan Ramadhan Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa hambanya setelah hambanya tersebut juga memaafkan saudaranya sesama muslim. Namun, jika kita berbuat salah sebaiknya kita bisa langsung meminta dan memberi maaf dengan segera tanpa harus menunggu Idul Fitri” pungkas beliau. Saat kegiatan berlangsung, banyak pertanyaan – pertanyaan lucu yang disampaikan oleh anak – anak kepada Bunda Utami.

Bapak Abdul Qodir S.Th.I, MSI selaku wakil kepala urusan Ismuba memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini. beliau berharap anak – anak semakin memahami dan mencintai ajaran Agama Islam. “Dengan dikenalkannya ajaran Islam sejak dini, diharapkan anak akan terlatih dan akan terbiasa untuk melakukan ketaatan dan amal sholeh. Harapannya anak-anak akan semakin rajin dalam beribadah dan menuntut ilmu”. Kegiatan diakhiri dengan buka puasa bersama dan Sholat Magrib berjamaah.

(Yusron AD/PP)