Home Agama Bupati Cianjur Resmikan Pondok Pesantren Modern Al kahfi 2.

Bupati Cianjur Resmikan Pondok Pesantren Modern Al kahfi 2.

596
0
SHARE
Bupati Cianjur Resmikan Pondok Pesantren Modern Al kahfi 2.

Keterangan Gambar : KH. Ajid Muslim, KH. Jalaluddin Syatibi, dan Maman Suherman Bupati Cianjur, Pada Acara Peresmian Pondok Pesantren Modern Al kahfi 2, Cianjur , Senin (13/06/2022) (Foto : Abdan/PP)

Oleh : Abdan Lillaahil Ahad
Wartawan Parahyangan Post, Pimpinan Pesantren Semesta Al Qur'an Ciparingga, Cibadak Bogor.

TAHUN - Ajaran lama akan berakhir, sebentar lagi tahun ajaran baru akan datang. Tiba saatnya sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan yang mulai meng up grade kualitas sistem pendidikan serta melengkapi fasilitas-fasilitas sekolahnya, agar para siswa dan siswi yang  menimba ilmu merasa nyaman belajar sehingga diharapkan bisa melahirkan siswa-siswi yang cerdas dan berkualitas. 

Tidak kalah juga pondok-pondok pesantren yang menjadi salah satu kontributor utama dalam menyumbang orang-orang berkualitas  dibangsa ini. Salah satunya adalah pondok pesantren modern Al Kahfi. Sudah dua dekade ini menyumbang ratusan bahkan ribuan lulusan pesantren yang bisa tembus universitas, baik dalam maupun luar negeri. Dibarengi para penghafal Quran yang mutqin (hafalan kuat) yang menjadi bekal untuk kehidupan para lulusan kelak.
 
Nah saat ini pesantren Al Kahfi sedang mengembangkan arah pendidikannya ke daerah tempat kelahiran pengasuh pesantren Alkahfi, yaitu tempat kelahiran KH Ajid Muslim, beliau lahir di Cianjur dari orang tua yang sederhana dan bersahaja bernama H. Zainal Abidin serta Hj.Mariah. 

Kedua orang tua beliau inilah yang dijadikan "Jimat Penyemangat"  dalam belajar dan membangun pesantren, begitu ungkap KH Ajid Muslim. Mengenang orang tua beliau pada saat memberikan sambutan dalam acara peresmian pesantren Al Kahfi 2 pada, Senin (13/06/2022) di Desa Cieundeur, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur.  

Peresmian Pondok Pesantren Al Kahfi 2 ini diresmikan dan dihadiri oleh Bupati Cianjur, H. Herman Suherman, serta Ali Akbar S.Kom selaku Camat Kecamatan Warungkondang.
 
Dalam sambutanya, Bupati menyampaikan kebahagiaan sekaligus kebanggaan terhadap KH. Ajid Muslim Lc. selaku pimpinan Pondok Pesantren Al Kahfi 2, yang sekaligus putra daerah. Kebanggaan itu lahir karena ada putra daerah yang ingin mengembangkan dan menghidupkan daerahnya. Begitu ungkap H.Herman Suherman ketika memberikan sambutan singkat sekaligus meresmikan Pondok Pesantren Alkahfi 2 ini.  

Tidak lupa juga selain sebagai Bupati Cianjur,  beliau juga sebagai orang tua yang bijaksana memberikan sedikit nasihat singkat untuk para undangan. Hidup ini sebentar, kalaupun di dunia ini kita tidak sukses, maka jangan sampai kita juga tidak sukses di akhirat". Begitulah pesan singkat beliau yang sangat mendalam dan penuh makna. 

Sebelum acara ditutup dengan doa oleh ketua MUI Warungkondang,  KH Ade Ismatullah. Bagian terakhir, penulis dan para tamu undangan mendengarkan tausiah yang di sampaikan oleh guru dari KH. Ajid Muslim Lc pada saat beliau mondok dulu Yaitu KH Jalaluddin Syatibi. 

Tausiah beliau disampaikan dalam bahasa sunda wiwitan yang halus. Walaupun tidak mengerti 100% tapi saya bisa menangkap maksud dari tausiah beliau. Salah satu diantaranya adalah beliau memberikan pujian kepada murid beliau yang sekarang juga sudah menjadi Kyai, dan beliau juga memuji orang tua yang mendidik Ust Ajid Muslim. 

Beliau memberikan gelar kepada orang tua KH Ajid muslim dengan sebutan Abul Ulama. "Kalo dulu ada Abul Ambiya yaitu Nabiyullah Ibrahim AS. Maka hari ini ada Abul Ulama, karena dari 11 orang anak, 5 orang  anak lelakinya semuanya adalah para kyai yang membuat pesantren dari nol, bukan pesantren warisan, begitu ungkap beliau dalam tausiah yang kurang lebih berdurasi 45 menit.  

Al Kahfi 2 ini juga akan di perkuat oleh menantu Ust Ajid Muslim yang juga kyai muda yaitu KH Abdullah Imamuddin Aziz Lc,  Alumni  Internasional University of Africa. Kyai muda ini punya banyak talenta, salah satunya adalah kemampuan menterjemah bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab, bahkan pernah menjadi penterjemah di event - event nasional dan internasional.  

Pesantren Alkahfi 2 ini menggabungkan kurikulum tradisional dan kurikulum modern dengan manajemen yang rapih dan apik. Bangunan-bangunan modern yang indah dan elegan, bermanhaj ahlussunah wal jamaah, bermazhab imam yang empat, yang menjadikan pesantren Alkahfi punya ciri khas merangkul dalam berdakwah. 

Alhamdulilah santri tahun pertama ini sudah mendaftar 50 orang, bahkan masih ada yang ingin mendaftar, sangat recommended bagi para orang tua yang ingin mencari pesantren untuk anak-anaknya. 

Alhamdulilah acara peresmian berjalan lancar, cuaca mendung tapi tidak hujan, udara sejuk dan nyaman. Semoga ini salah satu tanda Allah meridhoi kampus kedua Alkahfi ini. 

Aaaamiiin yaa Robbal Alamiin, 

Cianjur, 13 Juni 2022.