Home Siaran Pers MENGENAI SERUAN TOKOH HINDU RADIKAL INDIA UNTUK MELAKUKAN GENOSIDA MINORITAS MUSLIM

MENGENAI SERUAN TOKOH HINDU RADIKAL INDIA UNTUK MELAKUKAN GENOSIDA MINORITAS MUSLIM

SIKAP MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI)

87
0
SHARE
 MENGENAI SERUAN TOKOH HINDU RADIKAL INDIA UNTUK MELAKUKAN GENOSIDA MINORITAS MUSLIM

Assalamu’alaikum wr.wb,

Sehubungan dengan viralnya seruan tokoh Hindu Radikal di Haridwar India untuk membantai minoritas Muslim (Tempo.co 26/12/21 dan Aljazeera 24/12/21, serta konfirmasi sumber di India), dengan ini Majelis Ulama Indonesia (MUI)  menyampaikan pernyataan sebagai berikut::

  1. Mengecam keras tokoh Hindu radikal  India pada acara di Haridwar, negara bagian Uttarakhand, yang menyerukan kepada umat Hindu India untuk melakukan pembunuhan massal (genosida) terhadap minoritas muslim di India. Hal ini jelas merupakan pelanggaran pada Hukum HAM internasional, khususnya Konvensi Anti-Diskriminasi Ras dan Konvensi Anti-Genosida. Dalam Konvensi Anti-Genosida yang telah disepakati PBB Desember 1948 pasal 3 (a) dengan jelas dinyatakan bahwa “menyuruh dan memprovokasi public untuk melakukan genosida” termasuk tindak kejahatan yang bisa dihukum.
  2. Menyerukan kepada Pemerintah India untuk memenuhi kewajibannya melaksanakan hukum internasional untuk melindungi HAM kelompok Muslim dan minoritas lainnya dari tindakan diskriminatif, teror dan kekerasan, serta kemungkinan pembantaian yang dilakukan oleh kelompok radikal. Juga meminta kepada Pemerintah India untuk menghukum tokoh radikal yang memprovokasi umat Hindu untuk membantai minoritas Muslim tersebut, sesuai dengan hukum yang  berlaku.  Pembiaran terhadap pelaku sehingga tetap bebas menampaikan wacana dan provokasi akan  merusak citra India di mata masyarakat internasional.
  3. Menyerukan kepada negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk Bersatu mendesak India agar memenuhi kewajibannya melaksanakan hukum internasional untuk melindungi HAM minoritas muslim dan minoritas lainnya di negeri itu.
  4. Menyerukan kepada Pemerintah RI untuk merintis Dialog bilateral antar agama Indonesia-India dalam upaya moderasi kelompok agama di kedua negara.
  5. MUI siap dialog dengan dubes India di Jakarta untuk membahas masalah tersebut dan masalah lain yang terkait dengan upaya mewujudkan perdamaian dan saling menghormati antar umat beragama di kedua negara.

Demikian, terima kasih.

Wassalamu ‘Alaikum wr.wb

                                               

Jakarta, 5 Januari 2022

Ketua Komis Hub.LN & Kerjasama Intl,                             
Drs. Bunyan Saptomo, MA         

Sekretaris Komisi,
 Dr. Andy Hadiyanto, MA

Mengetahui:

Ketua Bidang HLNKI                                                           
Prof. Dr. Sudarnoto Abdul Hakim, MA   

Wasekjen Bidang HLNKI
Dr. Ali Hasan Bahr, MA

 

Surat Pernyataan : Link Terkait : File (PDF)