Home Ekbis Sandiaga Uno : Indonesia Peringkat Kedua Wisata Halal Dunia 2022

Sandiaga Uno : Indonesia Peringkat Kedua Wisata Halal Dunia 2022

497
1
SHARE
Sandiaga Uno : Indonesia Peringkat Kedua Wisata Halal Dunia 2022

Keterangan Gambar : Sesi pembukaan Gala Dinner Festival dan Konferensi Wisata Halal 2022, tampak dalam gambar : CEO Cheria Holidy, Perwakilan dari DMI, Ketua JIC, dan Komisaris Utama Wisata Keliling Dunia (Foto : ratman/pp)

JAKARTA - Parahyangan Post - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno menyampaikan bahwa Indonesia masuk sebagai negara dengan peringkat kedua Wisata Halal Dunia. 

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno,saat memberikan sambutan melalui video conference pada acara Gala Dinner Festival dan Konferensi Wisata Halal 2022, di Hotel Grand Cempaka Business, Jakarta, Jumat (28/10/2022). 

Lebih lanjut menurut Menparekraf, bahwa wisata halal bukan untuk mengislamisasi suatu destinasi, tetapi untuk memberikan nilai tambah kepada wisatawan. Sehingga wisata halal berpotensi untuk dikembangkan, salah satu promosinya melalui festival seperti ini, disamping itu juga  untuk meninlai peringkat destinasi. 

Jakarta saat ini adalah salah satu kota besar yang maju dan banyak menyediakan berbagai fasilitas ramah muslim yang lengkap dengan ratusan restoran bersertifikat halal di Jakarta. Atmosfer ini memberikan kenyamanan bagi wisatawan muslim untuk berwisata tanpa perlu khawatir. 

“Terlebih dengan perkembangan wisata halal di Indonesia yang telah diakui oleh dunia sebagai peringkat kedua Wisata Halal terbaik di Dunia 2022, versi Global Muslim Travel Index (GMTI),”jelas Sandiaga Uno. 

Senada dengan Sandiaga Uno, Ketua Jakarta Islamic Center (JIC), KH.M.Subki, Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim terbesar, memiliki potensi besar untuk pengembangan wisata halal. 

Wisata merupakan hak dasar setiap manusia, Jakarta sebagai etalase Indonesia memiliki potensi besar untuk pengembangan wisata halal. Bentuk pelayanan wisata halal, sebagai suatu kebutuhan dari segi ekonomi. Disamping itu kita ingin mengharapkan wisata yang ramah dan tidak bertentangan dengan hukum syariat. 

Jakarta Isamic Center (JIC) sebagai lembaga Pengkajian dan Pengembangan Isam di Jakarta merasa penting untuk terlibat dalam pembangunan dan peningkatan wisata halal di Jakarta. Hal ini mengingat JIC tidak hanya sebagai pengelola masjid atau pusat ibadah semata, tetapi juga sebagai pusat muamalah. 

“Hadirnya JIC dalam pengembangan wisata halal dunia diharapkan dapat mengangkat JIC agar dikenal luas dan berdiri sejajar dalam bentang peradaban Islam dunia. Dan mitra untuk mewujudkan hal tersebut salah satunya NanoEdu Cheria melalui event Festival dan Konferensi Wisata Halal Dunia ini,”jelas M.Subki. 

Sebagaimana diketahui, Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre/JIC) bekerja sama dengan NanoEdu Cheria yang didukung oleh Asosiasi Travel Halal Indonesia (ATHIN), Cheria Holiday, dan Halal Travel Konsorsium (HTK) menyelenggarakan Festival dan Konferensi Wisata Halal 2022. 

Acara yang berlangsung dari tanggal 28 sampai dengan 30 Oktober 2022, mengangkat tema “Potensi Jakarta sebagai Tujuan Wisata Dunia.”, dengan menghadirkan berbagai rangkaian kegiatan. 

Tampak hadir dalam acara Gala Dinner Festival dan Konferensi Wisata Halal yang digelar di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, KH.M Subki (Ketua JIC), Nurul Taufiqu R (Komisaris Utama Wisata Keliling Dunia), Cheriatna (CEO Cheria Holiday), perwakilan dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Perwakilan dari UMKM MUI DKI Jakarta.


Sementara itu, Menparekraf, Sandiaga Uno hadir melalui video confrece, dan beberapa tokoh antara lain Anies Baswedan, Wakil Presiden, Ma’ruf Amin dan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kala berhalangan hadir. 

Selain para tokoh, acara Festival dan Konferensi Wisata Halal 2022, juga dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan Pemprov.DKI Jakarta, pelaku bisnis, agensi dan para pelaku wisata dari negara-negara sahabat.

Festival dan Konferensi Wisata Halal 2022 ini, merupakan event yang kelima kalinya dilaksanakan oleh NanoEdu Cheria. 

Event ini merupakan inovasi dari acara yang telah diselenggarakan oleh NanoEdu Cheria, dan untuk beberapa tahun ke belakang sempat terhenti karena adanya Covid-9 di Indonesia. Dengan mengangkat tema ‘Potensi Jakarta sebagai Tujuan Wisata Halal Dunia’, acara ini dilakukan secara B2B (Business to Business) dengan tujuan mengembangkan potensi kota Jakarta sebagai salah satu destinasi wisata halal di dunia. 

NanoEdu Cheria adalah educational star up yang mempunyai visi untuk menyebarkan pendidikan cerdas berbasis riset dan teknologi kepada seluruh sisa, guru, pelaku pendidikan dan siapapun yang mau terus belajar. 

Dengan visi democratize smart educaiont for all, NanoEdu mendorong setiap siswa – siswi yang didampingi untuk dapat menghasilkan inovasi bagi Indonesia. 



(ratman/aboe/iin aura/tim-pjmi/pp)