Home Nusantara Ketum IPS M dan Ketum Kowani Ziarah ke Makam 10 Juang Mandor Pontianak, Kalbar

Ketum IPS M dan Ketum Kowani Ziarah ke Makam 10 Juang Mandor Pontianak, Kalbar

72
0
SHARE
Ketum IPS M dan Ketum Kowani Ziarah ke Makam 10 Juang Mandor Pontianak, Kalbar

Ketum Ikatan Pekerja sosial masyarakat (IPS M) dan Ketum Kowani DR.Ir.Giwo Rubianto Wiyogo dan putranya Adito  Rubianto ziarah dan menyerahkan foto Almarhum Dr.Rubini dan istri Amelia ke makam 10 Juang Mandor Pontianak Kalbar. 

PONTIANAK (www.parahyangan-post.com) -   belum lama ini Ketum IPMS dan Ketum Kowani didampingi Putranya Adito Rubianto ziarah menyerahkan foto alm Dr.Rubini dan istri Amelia ke Makam 10 Maksm Mandor Pontianak Kalbar. 

Sosok alm Dr Rubini adalah Eyang dari bu Giwo yang korban dalam perlawanan dengan tentara Jepang.

Sebelum meninggal Dr.Rubini adalah lulusan Kedokteran Slovia Jakarta dan mendapat tugas sebagai Kep Kesehatan di Kalbar Pontianak juga salah satu yang membentuk Kelompok Cendekiawan Pontianak dalam memupuk jiwa patriolisme dan nasionalis. Namun tahun 1944 ditangkap tentara Gunkai Seibu Jepang dan gugur ditangan tentara Jepang.

Dijelaskan oleh buyutnya Adito Rubianto bahwa kedatangannya bersama ibunya untuk ziarah dan menyerahkan foto pasangan Alm Dr Rubini dan istrinya Amelia di Makam 10 Juang Mandor yang disambut baik oleh Wali Kota Pontianak Edi Rusi Kamtono sekalian untuk mengurus almarhum sebagai Pahlawan Nasional.

"Sebagai penghargaan dari pemerintah atas pengabdian uyut Dr.Rubini sudah diabadikan sebagai nama Rumah Sakit di Pontianak dan nama sebuah jalan di kota Bandung. Untuk diketahui bahwa Dr.Rubini ini masih keturunan dari Kerajaan Sumedang Larang dan Uyut ini ibu dari Eyang Netta Wiyogo" urai Mas Adito yang sedang mengambil S2 designer interior di Melbourne Australia.

"Kalo liat foto Uyutnya mirip Mas Adit ya ganteng. Apa calonnya nanti dokter juga kaya Uyut?, "Canda Parahyangan Post,.

'Doakan aja biar selesai S2 dulu" pungkas mas Adito sambil senyum.

(Rolla/PP)