Home Polkam Channel Youtube Ahmad Yani Hadirkan Gatot Nurmantyo

Channel Youtube Ahmad Yani Hadirkan Gatot Nurmantyo

Gugat PT 20 Prosen

134
0
SHARE
Channel Youtube Ahmad Yani Hadirkan Gatot Nurmantyo

Keterangan Gambar : Ketua Umum Partai Masyumi DR. Ahmad Yani, SH., MH., (kiri) saat diskusi dengan mantan Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo. Gatot akan melakukan gugatan atau uji materi ke Mahkamah Konstitusi tentang Presidential Treshold (PT) 2024 yang 20%. (foto aboe)

Channel Youtube Ahmad Yani Hadirkan Gatot Nurmantyo

Gugat PT 20 Prosen

Jakarta, parahyangan-post.com Channel Youtube Ketua Umum Partai Masyumi, DR Ahmad Yani SH, MH, menampilkan tokoh-tokoh popular dan berpengaruh. Dengan tema yang aktual. Terbaru Ahmad Yani, yang bertindak sebagai host,  melakukan wawancara dengan mantan Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo (GN).

Tema yang diangkat mengenai Presidential  Trashold (PT) yang 20 % pada Pilpres 2024. Dalam diskusi bernas tersebu, GN menyatakan PT 20% tidak adil dan melanggar UUD 45. Makanya GN akan melakukan gugatan (Uji Materi) ke Mahkamah Konstitusi atau MK.

“Saya akan  meminta MK membatalkan ketentuan Pasal 222 Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Pasal tersebut menyatakan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memenuhi syarat perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya. Ini sangat tidak adil,” tutur GN.

Dalam diskusi tersebut GN memaparkan hasil kajian, betapa tidak adilnya PT 20% itu. Salah satunya adalah akan menguatkan oligarki dan politik uang yang bertentangan dengan demokrasi itu sendiri. Makanya GN berharap PT 20% diturunkan, kalau bisa sampai nol persen. Sehinga muncul banyak tokoh yang dapat mencalonkan diri menjadi presiden.

Sementara kalau dengan PT 20% itu, kemungkinan calon yang bisa maju cuma 2 orang. Di sinilah, kata GN, kemungkinan politik uang dan oligarki tidak bisa dihindari. Yang kaya (pengusaha-red) dapat mendiktekan kemauannya kepada salah satu calon yang ia anggap dapat menguntungkannya kelak setelah terpilih. Karena para pengusahalah yang mampu menyumbang cukup banyak untuk membiayai kampanye.

“Saya melakukan kajian. Biaya Pilpres per propinsi itu minimal 30 milyar rupiah. Di Indonesia ada 34 propinsi. 34 x 30 milyar. Sekitar 9 triliun rupiah. Apa capres punya uang sebanyak itu? Jelas tidak. Lantas siapa yang membiayai? Ya, pengusaha. Nah pengusaha ini tidak akan minta uang kembalian cash (rupiah) tetapi proyek. Inilah yang berbahaya karena jika terpilih nanti proyek-proyek itu sudah di tangan mereka,” tutur GN.

Suarakan Terus

Bukan kali ini saja Channel Youtube  DR. Ahmad Yani, SH MH  menyurakan  PT nol persen. Sebelumnya dalam wawancara dengan pengamat politik dan pakar hukum tata negara DR. Margarito Khamis,  SH., M.Hum, Yani  juga mengupas  hal yang sama. PT Nol persen ini, sepertinya, adalah agenda utama yang akan diperjuangkan oleh Partai Masyumi secara terus-menerus.

Sampai saat ini, setidaknya Channel Youtube DR. Ahmad Yani sudah menayangkan 72 video. Wawancaranya selalu mengundang  tokoh-tokoh popular dan kontroversial, dengan tema yang terhangat. Diantaranya dengan Rocky Gerung dan Rizal Ramli.

Sementara itu Ketua Departemen Komunikasi dan Informatika Partai Masyumi DR. HM Luthfe mengatakan, Channel Youtube  DR. Ahmad Yani SH, MH., merupakan salah satu media untuk mensosialisasikan kebijakan partainya.

“Ada  beberapa media lain yang telah dan akan kami optimalkan untuk meningkatkan eletabilitas partai. Diantaranya kami juga menerbitkan tabloid  ‘Abadi’,” tutur mantan wartawan Yogya Post ini kepada parahyangan-post, Rabu 5/1.

Lutfie juga mengatakan bahwa pihaknya juga akan membuat media online, yang namanya masih didiskusikan.

“Mungkin namanya nanti abadinews, atau abadionline. Pokoknya kami akan mengoptimalkan semua media, terutama yang online,” tutup mantan Ketua Lembaga Pers Bekasi ini.*** (Ismail Lutan)