Home Nusantara Warga Jakarta Timur Dapat Uang Tunai Bansos

Warga Jakarta Timur Dapat Uang Tunai Bansos

182
0
SHARE
Warga Jakarta Timur Dapat Uang Tunai Bansos

JAKARTA - Parahyangan Post - Warga Jakarta Timur mendapatkan bantuan uang tunai. Bantuan uang tunai ini disalurkan melalui realisasi penyaluran Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) tahap 2, Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Bantuan pemerintah ini ditempatkan di berbagai kantor sekretariat rukun warga yang berada di Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung Jakarta Timur.  PJLP Pusdatin Jamsos Dinsos Kelurahan Jatinegara, Qitfirul Aziz, menyampaikan penyaluran bantuan sosial di RW08 berjumlah 261 penerima manfaat. 

" Untuk RW08 sendiri sebanyak sebanyak 261 penerima manfaat. Dengan jumlah yang variatif dari mulai yang terkecil Rp500 ribu hingga Rp 2 juta lebih untuk penerimanya jadi tidak sama," ungkap petugas PJLP Pusdatin Jamsos Dinsos Kelurahan Jatinegara, (30/11/2022). 

Menurutnya, masyarakat memproleh bantuan dengan nominal bervariatif. Aziz menambahkan tidak hanya di RW08 saja bantuan sosial ini disalurkan. Akan tetapi, di RW03, RW10, dan RW13 pun serentak mencairkan bantuan sosial tahap 2 ini. 

Uang tunai ini diberikan langsung oleh PT Pos Indonesia. Sejumlah warga yang menerima bantuan berupa program BLT BBM, PKH serta BPNT di bawah Kelurahan Jatinegara yang dipimpin oleh Slamet Sihabudin. Total bantuan sosial yang diterima warga Jatinegara tercatat mencapai jumlah 2.466 penerima manfaat. 

" Ini yang menyalurkan untuk anggarannya dari APBN penyalurnya ini dari PT Pos Indonesia. Pendamping atau monitor penyaluran BLT dari pihak Pusdatin Jamsos Dinas Sosial," jelas Aziz. 

Sementara, Abdul Halim ketua RW08  menegaskan jumlah warganya yang mendapatkan bantuan uang tunai dari BLT BBM, PKH serta BPNT berjumlah 261 orang. Melalui undangan resmi warga yang tinggal di lokasi tersebut memproleh uang tunai. Diketahui, RW08 sendiri terdiri dari 16 RT.  

Namun, kata Abdul Halim, tidak semua warganya memproleh bantuan pemerintah tersebut. Tetapi, dari bantuan BLT BBM, PKH dan BPNT salah satu diantaranya warga mendapatkan. Khusus, PKH sebagian warga memproleh bantuan pada saat itu. Bantuan ini pun tidak rata tidak seluruh warga dapat menikmatinya. 

" Pendapatan bervariasi Rp525 ribu sampai Rp 2 jutaan. Ada yang dapat tiga-tiganya,  BBM semua dapat. Kalau PKH tidak dapat semua ada yang dapat ada nggak," ujar ketua RW08. 

Ia menyarankan bagi warga yang telah mendapatkan bantuan uang tunai ini dapat mempergunakannya untuk kebutuhan sehari-hari. Terutama, uang tersebut dibelanjakan untuk kebutuhan pokok. Lanjutnya, untuk perputaran ekonomi di RW08 warganya bisa membeli sembako di warung sekitar tempat tinggalnya.

" Kemarin yang dapat banyak orang susah dan layak mendapatkan," sebut Abdul Halim. 

Selain itu, Madyani selaku pengurus RT005  menyampaikan bahwa jumlah warganya yang mendapatkan bantuan BLT BBM, PKH dan BPNT tercatat 17 orang. Kata dia, bantuan sosial terdampak kenaikan BBM di lingkungan RW08 memperoleh haknya. 

" Yang intinya BBM semua rata dapat semua,  kalau BLT nggak semua, PKH juga nggak semua dapat," ucap Madyani.

(didi/pp)