Home Nusantara Sukses Salurkan 4.000 Lebih Paket Ramadhan, Insan Bumi Mandiri Ajak Teruskan Kebaikan Pasca Lebaran

Sukses Salurkan 4.000 Lebih Paket Ramadhan, Insan Bumi Mandiri Ajak Teruskan Kebaikan Pasca Lebaran

423
0
SHARE
Sukses Salurkan 4.000 Lebih Paket Ramadhan, Insan Bumi Mandiri Ajak Teruskan Kebaikan Pasca Lebaran

BANDUNGwww.parahyangan-post.com – Insan Bumi Mandiri sukses membagikan paket Ramadhan kepada 4.752 penerima manfaat selama Ramadhan 2023. Penerima manfaat tersebut terdiri dari lansia, janda, hafiz Al-Qur’an, dan yatim piatu di pedalaman yang tergolong dhuafa. Melalui 12 program edisi Ramadhan, paket yang berisi sembako, baju lebaran, dan panganan khas bulan puasa maupun makanan berbuka dibagikan di 78 titik yang tersebar di sepuluh provinsi.

Pertama kali dilakukan pada tahun 2016, pembagian paket Ramadhan ini sudah memasuki tahun ke-8. Melalui kegiatan ini, Insan Bumi Mandiri ingin membawa kemeriahan, kebahagiaan, dan kehangatan Ramadhan kepada warga pedalaman penerima manfaat. Zulfa Faizah, CEO Insan Bumi Mandiri, berkomentar soal mengapa kegiatan semacam ini perlu dilakukan.

“Kami tahu bagaimana kondisi Ramadhan di pedalaman Indonesia. Kebiasaan kita saat Ramadhan seperti membeli takjil atau melakukan buka bersama, jarang sekali mereka lakukan. Di Nusa Tenggara Timur (NTT) misalnya, mereka (warga pedalaman setempat) biasa berbuka dengan jagung titi dan hasil bumi yang sangat seadanya. Ikan hasil tangkapan biasanya langsung mereka jual karena kondisi ekonomi. Bahkan, mereka juga jarang sekali makan ayam. Maka dari itu, mereka sangat antusias jika kita bisa memotong ayam saat buka bersama diselenggarakan,” tutur Zulfa.

Menurut Zulfa, alasan tersebut sudah cukup untuk menjawab pertanyaan mengapa kegiatan pembagian paket Ramadhan ini perlu dilakukan. Zulfa juga bercerita soal bagaimana respon penerima manfaat yang begitu antusias menyambut program pemberdayaan edisi khusus Ramadhan, khususnya pembagian paket Ramadhan yang berisi makanan berbuka. Misalnya saja di Desa Nggolonio, Kecamatan Aesesa, Nagekeo, Flores, NTT, warga yang begitu antusias sampai ikut membantu belanja dan menyiapkan makanannya.

Dalam membagikan paket Ramadhan maupun melaksanakan kegiatan buka bersama di pedalaman bukanlah hal yang mudah, tambah Zulfa. Keterbatasan akses menjadi tantangan tersendiri untuk sampai ke titik penyaluran. Seperti kegiatan buka bersama di Distrik Aranday Papua Barat misalnya, relawan Insan Bumi Mandiri harus menaiki perahu untuk sampai ke lokasi karena tidak ada akses lain.

“Meski tidak mudah, lelah yang ada hilang begitu saja setelah melihat kebahagiaan mereka saat menikmati hidangan berbuka yang mungkin bagi kita biasa saja tetapi istimewa bagi mereka,” lanjut Zulfa.

Selain membagikan paket Ramadhan dan melakukan buka bersama, Insan Bumi Mandiri juga membagikan Al-Qur’an, fidyah, dan zakat fitrah. Kegiatan serupa juga dilakukan di delapan provinsi lain yang terdiri dari Nusa Tenggara Barat, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Maluku Utara, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jambi.

Kegiatan pembagian paket Ramadhan ini dapat terlaksana berkat hasil penggalangan dana yang dilakukan secara daring melalui website Insan Bumi Mandiri. Tentunya tak akan berhenti sampai sini, Insan Bumi Mandiri berkomitmen untuk membagikan paket Ramadhan di bulan Ramadhan setiap tahunnya.

Sampai saat ini, Insan Bumi Mandiri masih membuka kesempatan untuk para donatur yang ingin turut berkontribusi dan berbagi kepada masyarakat pedalaman. Informasi lebih lanjut mengenai program penggalangan dana untuk masyarakat muslim di pedalaman dapat diakses melalui website www.insanbumimandiri.org atau Instagram @insanbumimandiri.

(rl/pp)