Home Nusantara Pemdes Cimahi Dukung Program RKIH Penanaman Jambu Kristal

Pemdes Cimahi Dukung Program RKIH Penanaman Jambu Kristal

869
0
SHARE
Pemdes Cimahi Dukung Program RKIH Penanaman Jambu Kristal

PURWAKARTA - www.parahyangan-post.com - Pemerintahan Desa Cimahi dukung program penanaman jambu kristal yang dipelopori Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) oleh "abang ijo" yang saat ini sedang digalakkan di lima kecamatan, salahsatunya di Desa Cimahi Kecamatan Campaka, dengan Terget satu rumah menanam satu pohon buah jambu kristal. 

"Program pertanian melalui penanaman jambu kristal yang dipelopori Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) merupakan program yang dinilai sejalan dengan visi dan misi pemerintahan desa Cimahi, kedepan warga masyarakat yang notabene mayoritas petani harus mampu dan bisa merubah mindset bahwa petani saat ini harus bisa mengembangkan pertanian tersebut bukan saja menanam padi tetapi mampu menanam yang memiliki nilai ekonomi dengan kualitas dan kuantitas yang mampu meningkatkan perekonomian" ungkap Asep Saepul Bahrie, Kepala Desa Cimahi, saat sosialisasi pertanian, Minggu malam (30/1). 

Menurutnya, dengan adanya penanaman jambu kristal ini yang dipelopori RKIH oleh "abang ijo" menjadi kesempatan bagi warga untuk mendukung dan mengembangkan karena dari sisi ekonomi cukup menjanjikan. 

"Apalagi RKIH oleh "abang ijo" menanam jambu kristal ini disupport dengan memberikan bibit, pupuk dan ilmu menanam nya" jelasnya. 

"Mudah-mudahan program ini menjadikan keberkahan bagi warga masyarakat dan kedepannya lebih berkembang bahkan bisa meningkatkan derajat kesejahteraan warga" harapnya.

Sementara, ketua Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) Hapidin atau biasa disapa bang ijo, menuturkan saat ini RKIH sedang  mengembangkan penanaman jambu kristal untuk sementara di lima kecamatan dan kedepannya akan seluruh kecamatan di kabupaten Purwakarta dengan tujuan mampu memberdayakan para petani dengan merubah mindset bahwa petani saat ini harus mampu mengembangkan pertanian dengan sisi nilai ekonomi yang menjanjikan.

"Melalui RKIH kita berharap warga masyarakat yang notabene petani saat ini harus merubah mindset untuk mengembangkan pertanian dengan menanam yang memiliki nilai ekonomi tinggi yang tentunya dengan ilmu pertanian yang mumpuni dan RKIH siap untuk itu" ungkap Hapidin (abang ijo), ketua RKIH kabupaten Purwakarta.

Kedepan, lanjut bang ijo, RKIH berharap semua petani terorganisir dan mampu menjadikan pertanian sebagai ladang kehidupan sehingga perlu adanya perubahan baik sisi jenis tanaman maupun ilmu nya sehingga hasilnya akan dirasakan.

"Program saat ini menanam jambu kristal dengan target satu rumah menanam satu pohon jambu kristal, sepintas mungkin program ini hanya biasa. Padahal kalau kita perhitungkan, seandainya satu desa mampu menanam jambu kristal ini dan berhasil dengan buah memuaskan, tentunya akan memiliki dampak yang luar biasa, Bumdes yang saat ini ada di masing-masing desa, bisa menampung semua buah jambu kristal satu desa tersebut. Warga yang memiliki pohon akan mendapatkan hasil ekonomi begitu juga Bumdes selaku bandar akan berkembang " imbuhnya.

"Kedepan RKIH siap untuk mendampingi dan mengembangkan pertanian khususnya di kabupaten Purwakarta dan tentunya akan merubah mindset para petani dengan tujuan petani lebih sejahtera melalui penguasaan ilmu pengetahuan tentang pertanian"tutupnya. (*).

(agus/pp)