Home Nusantara Pangeran Edward Syah Pernong Dijamu Makan Siang Oleh Walikota Solo

Pangeran Edward Syah Pernong Dijamu Makan Siang Oleh Walikota Solo

732
0
SHARE
Pangeran Edward Syah Pernong Dijamu Makan Siang Oleh Walikota Solo

SURAKARTA - www.parahyangan-post.com - Saibatin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong berbincang langsung saat makan siang bersama dengan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Walikota Solo menjamu makan siang para Sultan se-Nusantara di Pura Makunegaran, Keraton Surakarta, Jawa Tengah. 

Jamuan makan siang itu merupakan rangkaian acara Kirab Majelis Adat Keraton Nusantara yang digelar pada Rabu 15 Februari 2023 dan diikuti Raja dan Sultan se-Nusantara. Salah satunya diikuti Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bkhak Kepaksian Pernong. 

Kepaksian Pernong dipimpin langsung oleh Saibatin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Sekala Bkhak Yang Dipertuan Ke-23. 

Pada saat itu, Edward berserta istrinya Hj Ratu Nurur Adiyaty diterima Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama KGPAA Mangkunegaran X Gusti Pangeran Harya (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Edward Syah Pernong dalam kesempatan itu menceritakan tentang keberagaman adat, budaya dan etnis Lampung. Namun, kata Pun panggilan akrab Edward Syah Pernong, untuk saat ini Lampung tetap kondusif dan dapat saling beradaptasi antar etnis.

“ Lampung itu Indonesia mini. Beragam adat budaya ada disana selain adat dan budaya Lampung sendiri,” ujar Pun Edward, Jum'at (17/2/2023). 

Selain Itu, kini Lampung semakin maju dan akses transportasi di Lampung makin terbuka. Apalagi, dikatakan Edward, Bandara Embarkasi Haji berada tengah perkampungan warga. 

Menurutnya, pemerintah telah mengakomodasi berbagai hal berkaitan dengan tentang adat. Aspirasi masyarakat adat itu pernah disampaikan Edward dalam sejumlah kesempatan terhadap Presiden Joko Widodo. 

Hal ini juga diutarakan Edward saat silaturahmi Presiden dengan Raja dan Sultan se-Nusantara awal Januari 2018 lalu di Istana Bogor, Jawa Barat. 

Lebih lanjut, pemerintah pusat menempatkan sejumlah pembangunan prioritas disana, termasuk diantaranya jalan tol, bendungan, renovasi bandara dan pelabuhan. 

”Alhamdulillah sejumlah aspirasi mulai di akomodasi pemerintah terkait adat,” kata Pun Edward.

(Didi/PP)