Home Siaran Pers ICMI Dukung Pemerintah Membentuk Badan Gizi

ICMI Dukung Pemerintah Membentuk Badan Gizi

146
0
SHARE
ICMI Dukung Pemerintah Membentuk Badan Gizi

JAKARTA Parahyangan Post  ICMI mendukung pemerintah membentuk Badan Gizi yang bertugas melaksanakan Program makan bergizi gratis.  Program ini merupakan program yang strategis untuk memperbaiki gizi dalam keluarga dan menunjang perbaikan kualitas generasi muda Indonesia di masa depan.  Pernyataan ini disampaikan oleh Wakil Ketua Umum ICMI, Prof. Riri Fitri Sari di Jakarta.

Pernyataan ini menanggapi dengan rencana Pemerintahan Calon Presiden Prabowo Subianto untuk menyediakan makan gratis bagi anak usia sekolah di Indonesia. 
Riri menekankan pentingnya penyediaan makanan dengan gizi seimbang, khususnya pemenuhan kebutuhan protein bagi anak usia tumbuh kembang.  Komposisi makanan anak Indonesia selama ini dianggap belum seimbang terutama pemenuhan kebutuhan protein yang jumlahnya relatif terbatas dibandingkan dengan jenis karbohidrat.
Pemberian makan gratis sebaiknya berbarengan dengan penyadaran komposisi gizi anak.  Aspek edukasi melalui makan ini sangat penting untuk memberi arah pola makan sehat gizi seimbang sehingga kasus-kasus kekurangan gizi kronis serta penyakit-penyakit degeneratif dapat dikurangi secara signifikan.

Pemberian makan melalui sekolah dinilai sangat penting untuk membangun karakter generasi muda.  Makan Bersama memuat aspek edukasi yang sangat penting berupa disiplin, toleransi, sikap positif, kebiasaan hidup bersih serta rasa syukur.  Dalam konteks ini, peran guru menjadi yang utama dalam peran penyediaan makanan bergizi bagi anak.

Selanjutnya patut diperhitungkan penyediaan sarana dan prasarana di sekolah  yang perlu dilengkapi  agar Program ini dapat terlaksana dengan baik.  Pengaturan kembali waktu belajar dapat disesuaikan dengan jadwal makan bersama.  Penambahan waktu belajar di sekolah perlu disesuaikan dengan adanya program ini.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah prioritas dalam memulai program makan bergizi.  Riri menekankan prioritas diberikan kepada daerah-daerah yang memiliki masalah dalam kecukupan gizi.  Hal ini dapat dilihat dari tingginya kasus gizi kronis, angka stunting, ataupun angka-angka kemiskinan ekstrim.  Dengan program yang dirancang dengan baik, diharapkan tujuan pemberian makanan bergizi ini bukan hanya mampu memperbaiki status gizi anak sekolah, namun juga mampu memberikan Pendidikan gizi keluarga yang lebih baik.

Dalam konteks ini, ICMI siap mendukung penuh Pemerintah untuk membantu merancang program sekaligus mendampingi pelaksanaannya serta melakukan evaluasi terhadap dampak positif yang diharapkan  dari program ini.  ICMI akan menyediakan ahli-ahli gizi serta tenaga penyuluh gizi untuk memperkuat program ini di bawah pemerintahan yang baru.

ICMI juga akan membangun kelompok keluarga sadar gizi untuk memperkuat kinerja program dan meningkatkan peran orang tua serta Masyarakat dalam program ini.
ICMI akan selalu hadir untuk memberikan solusi dan kontribusi terbaik bagi bangsa Indonesia. ICMI yang berlandaskan ke-Islaman dan ke-Indonesiaan berbasis kecendekiaan akan selalu berperan aktif mendorong kebaikan untuk bangsa dan negara.*

(IS/PP)