Home Nusantara Gelar Latihan Intelijen Teroterial Tempur Terintregitas Triwulan TA 2022 Di Desa Cimahi

Gelar Latihan Intelijen Teroterial Tempur Terintregitas Triwulan TA 2022 Di Desa Cimahi

Kodim 0619/Purwakarta :

1,124
0
SHARE
 Gelar Latihan Intelijen Teroterial Tempur Terintregitas Triwulan TA 2022 Di Desa Cimahi

PURWAKARTA - Parahyangan Post - Guna melindungi dan menjaga stabilitas keamanan nasional, Kodim 0619/Purwakarta bersama Koramil 1904/Campaka menggelar Latihan Intelijen Teroterial Tempur Terintregitas, Triwulan TA 2022. Simulasi latihan penanggulangan kondisi darurat di Desa Cimahi Kecamatan Campaka, Purwakarta, Senin (29/8).

Dalam simulasi ini diskenariokan adanya keadaan darurat nasional, dengan adanya penyergapan terhadap pengungsi masyarakat yang akan diungsikan ketempat yang aman.

Kodim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Affandi, Koramil 1904/Campaka Kapten Arm Bambang Priambodo, melalui Peltu Kirman Somantri, menyebutkan bahwa Latihan ini diawali dengan Tactical Floor Game (TFG) menggeladikan setiap bagian masing – masing akan peran dan fungsinya agar pada saat pelaksanaan di lapangan nanti bisa sesuai dengan yang diharapkan.
 
“Terlebih dahulu, unsur-unsur pimpinan yang terlibat dalam penanggulangan kondisi darurat ini Kita geladikan dengan tactical floor game (TFG), agar seluruh peserta latihan dapat memahami tugas masing-masing, siapa berbuat apa sehingga Simulasi latihan penanggulangan kondisi darurat di desa cimahi dapat terselenggara dengan lancar dan aman” ujar Peltu Kirman.

Sementara, Asep Saepul Bahrie Kades Cimahi yang turut menyaksikan dan terjun langsung simulasi latihan penanggulangan kondisi darurat di Desa Cimahi, menuturkan, dari latihan tersebut warga akan memahami jika sewaktu-waktu terjadi bencana atau hal serupa menjadi pemahaman penting dan menajdi edukasi yang baik.
"Saya selaku pemerintahan jadi lebih paham, untuk menangguli masyarakat dimana kalau ada keadaan darurat, juga memantapkan kerja sama antara TNI, Polri, Muspika serta komponen terkait lainnya, sehingga siap berbuat apa menjadi lebih jelas, mekanisme kegiatan berjalan sesuai SOP/Protap yang dihasilkan. Sehingga saat terjadi bencana atau kondisi darurat lainnya, pihak aparat dan masyarakat langsung bisa mengerjakan dan permasalahan akan segera teratasi" singkatnya. 

Adapun instansi yang terlibat dalam simulasi ini adalah jajaran Kodim 0619/Purwakarta, Koramil 1904/Campaka, Polsek Campaka, Kepala Desa Cimahi, Sekdes Desa Kertamukni, Linmas dari tiga Desa, Dinkes, Puskemas Campaka, Satpol PP serta semua unsur masyarakat. Pelaksanan simulasi ini selama dua hari yakni hari Senin dan Selasa tanggal 29 dan 30 Agustus 2022.

(Agus/PP)