Home Husada HPII Gelar Seminar Transformasi Kesehatan Digital

HPII Gelar Seminar Transformasi Kesehatan Digital

261
0
SHARE
HPII Gelar Seminar Transformasi Kesehatan Digital

JAKARTA (www.parahyangan-post.com) - Himpunan Perawat Informatika Indonesia (HPII) mengadakan seminar dengan judul Digital Health Transformation for Better Quality of Nursing Care pada hari Ahad (21/11/2021). Seminar diadakan di Teraskita Hotel Jakarta secara luring dan daring. Kegiatan diikuti lebih dari 2000 peserta.

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia berkembang pesat. Berbagai inovasi teknologi informasi telah diciptakan dan didesain untuk peningkatan pelayanan kesehatan seperti Electronic Health Record, mHealth, dan telemedicine. Transformasi kesehatan digital (digital health) menjadi keniscayaan dan akan terus dikembangkan.

Dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Rr Tutik Sri Hariyati mengatakan penggunaan teknologi dalam dunia keperawatan sangat penting. Penggunaan telemedicine, artificial intelligence, robotik dan lainnya sangat diperlukan dunia keperawatan saat ini.

"Telemedicine sendiri, teman-teman keperawatan kadang-kadang masih ragu. Karena katanya medicine," katanya dalam webinar.

Padahal, secara regulasi penggunaan telemedicine tidak hanya untuk medis. Tenaga keperawatan juga bisa melakukan telenursing sesuai aturan yang berlaku. Bahkan, di dalam telemedicine sendiri, nyatanya tidak hanya digunakan untuk interaksi dengan pasien saja. Konsultasi antar tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan, konsultasi riset, hingga Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (P2KB) juga bisa dilakukan.

"Artificial intelligence juga sangat diperlukan untuk suatu proses asuhan agar lebih berkualitas," ucapnya.

Selanjutnya, tambah Tutik, para perawat yang telah membuat suatu program atau rumusan keperawatan bisa digabungkan melalui penggunaan teknologi. Sehingga, program atau rumusan yang dibuat akan bisa menjadi suatu hal yang cukup besar di dunia keperawatan.

Humas HPII Rizki Andita Noviar menyebut saat ini telah berhimpun perawat seminat dalam bidang informatika dari seluruh provinsi di Indonesia untuk mempersiapkan pra kongres dan deklarasi Himpunan Perawat Informatika Indonesia.

“Kami yakin Himpunan Perawat Informatika Indonesia akan semakin banyak memberikan kontribusi penting dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Indonesia dalam digital health transformation untuk kualitas pelayanan keperawatan dan kesehatan yang lebih baik,” papar Rizki Andita Noviar setelah seminar berlangsung.

Dengan hadirnya HPII diharapkan perawat bisa memanfaatkan peluang penggunaan teknologi agar berdaya saing.

(rd/pp)