Home Hukrim Sistem Online Rury Dipercaya Jadi Koordinator Tilang Kejari Jaktim

Sistem Online Rury Dipercaya Jadi Koordinator Tilang Kejari Jaktim

506
0
SHARE
Sistem Online Rury Dipercaya Jadi Koordinator Tilang Kejari Jaktim

JAKARTA (www.parahyangan-post.com) - 3.000 lebih berkas pelanggar lalulintas masuk Kejaksaan Negeri Jakarta Timur (Kejari Jaktim). Rury Abdurachman Saleh SH mengatakan para pelanggar lalulintas dapat mengambil SIM ataupun STNK milik mereka di loket antrian tilang. 

Menurut koordinator tilang, untuk memperoleh SIM ataupun STNK yang disita Polantas pelanggar bisa melunasi sejumlah biaya ke BRI. Pembayaran juga bisa dilakukan dengan cara transfer langsung ke ATM dan Bank resmi yang telah ditunjuk oleh Kejaksaan. 

M-Banking serta BRILink juga bisa sebagai alternatif melakukan transaksi sebelum mendatangi loket pengambilan barang bukti. Perlu diketahui, loket tilang tersebut terdapat di Jalan D.I Panjaitan, Jatinegara, Jakarta Timur atau sisi samping kantor Kejari Jaktim. 

Setelah melunasi denda, pelanggar langsung bisa menuju loket pelayanan tilang dan dilengkapi struk pembayaran. Untuk pengambilan kertas biru ini dikatakan oleh Rury harus sesuai dengan jadwal yang tertera diberkas tersebut. 

" Sistem sudah online jadi bayarnya di e-Billing orangnya (pelanggar lantas) langsung. Jadi tidak memegang uang kas sekarang semua sudah komputerisasi tahun 2021 ini pembayaran sudah mulai melalui e-Billing," ujar koordinator loket tilang, Jum'at (24/9/2021). 

Rury kembali mengingatkan, dimasa pandemi setiap pengunjung area kantor Kejari Jaktim harus mentaati standar protokol kesehatan. Jam operasional loket tilang dibuka mulai hari Senin-Jum'at hingga pukul 14.00 Wib. Untuk penyerahan berkas tilang, petugas berharap pelanggar bisa langsung ke loket yang telah ditentukan. 

" Sekarang tidak bisa nomor antrian berarti dia (pelanggar) datang membawa bukti struk pembayaran, tilangannya masih sedikit," terang Rury. 

Berkas Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di wilayah Jakarta Timur saat ini dinilai oleh koordinator loket belum terlalu tinggi jumlahnya. Operasi Patuh Jaya kedepannya diperkirakan akan mengalami peningkatan jumlah pelanggar lalulintas yang akan dilaksanakan Dirlantas Polda Metro Jaya.

" Sekarang indikasinya sudah naik, beberapa minggu ini sudah 3000-an (berkas). Dua minggu lagi masih Patuh Jaya mungkin agak meningkat. E-tilang juga meningkat," ungkapnya. 

Sementara, Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Jakarta Timur (Kasipidum), Ahmad Fuady SH MH menyampaikan pihaknya telah menunjuk koordinator loket tilang yang baru. 

Kata dia, Rury Abdurachman Saleh sebelum dipindahkan ke loket tilang bertugas di bawah Seksi Barang Bukti dan Barang Rampasan. Terhitung pekan lalu, Fuady menegaskan, Rury saat ini resmi dipercaya sebagai penanggung jawab loket tilang di Kejari Jaktim. 

" Ruri minggu kemarin sebagai koordinator tilang," singkat Kasipidum.

(Didi/PP)