Home Polkam Sinergi KPU Kota Jakarta Selatan & Sudin Dukcapil, Siap Sukseskan Pemilu 2024

Sinergi KPU Kota Jakarta Selatan & Sudin Dukcapil, Siap Sukseskan Pemilu 2024

167
0
SHARE
Sinergi KPU Kota Jakarta Selatan & Sudin Dukcapil, Siap Sukseskan Pemilu 2024

JAKARTAParahyangan Post - Komisi Pemilihan Umum Kota Jakarta Selatan yang dipimpin langsung oleh ketua KPU Kota Jakarta Selatan, Agus Sudono menghadiri undangan dari Suku Dinas Dukcapil Kota Administrasi Jakarta Selatan. Agus Sudono hadir didampingi oleh Ahmad Barizi selaku Kepala Divisi Perencanaan, Data & Informasi, Yusuf Satyanegara selaku Kepala Divisi SDM & Hukum, Afrizal Jamaludin selaku Ka Subbag Perencanaan, Data & Informasi serta staf KPU Kota Jakarta Selatan. Undangan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya, di mana KPU Kota Jakarta Selatan pada pertemuan sebelumnya menyampaikan permohonan kepada Suku Dinas Kota Administrasi Jakarta Selatan untuk dapat bersama-sama menyukseskan tahapan pemutakhiran data pemilih Pemilu tahun 2024 khusunya di wilayah kota administrasi Jakarta Selatan.

Pada pertemuan kali ini, Bapak Nurrahman selaku Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan juga mengundang Ka Subbag Tata Usaha, para Kepala Seksi Sudin Dukcapil beserta para Kepala Sektor Dukcapil kota administrasi Jakarta Selatan sebagai respon nyata terhadap sinergi antara KPU kota Jakarta dengan Suku Dinas Dukcapil Kota Administrasi Jakarta Selatan khususnya dalam rangka menyukseskan pemutakhiran data pemilih Pemilu 2024.

Agus Sudono dalam sambutannya sangat mengapresiasi respon cepat dan positif yang diberikan oleh Sudin Dukcapil Kota Administrasi Jakarta Selatan terhadap permohonan kerjasama dari KPU Kota Jakarta Selatan pada pertemuan sebelumnya. Agus mengatakan bahwa sinergi antara KPU Kota Jakarta Selatan dan pemerintah kota administrasi Jakarta Selatan sangatlah baik selama ini, sehingga setiap penyelenggaraan Pemilu di wilayah kota administrasi Jakarta selatan berlangsung relatif kondusif dan aman. Sebagai contoh, KPU Kota Jakarta Selatan telah dengan baik melakukan proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang berakhir pada tanggal 30 September 2022. Hasil rekapitulasi pemutahiran data pemilih berkelanjutan di wilayah kota administrasi Jakarta Selatan bulan September 2022 dengan jumlah 1.728.660, terdiri dari 850.918 pemilih laki-laki dan 877.742 pemilih perempuan.

Hal ini terntunya tidak terlepas dari bantuan dan dukungan Pemerintah daerah bersama seluruh stakeholders di wilayah Kota Jakarta Selatan Untuk itu, Agus mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran pemerintah kota administrasi Jakarta Selatan dan stakeholders lain yang telah mendukung KPU Kota Jakarta Selatan dalam menjalankan tugas fungsinya sebagai bagian penyelenggara Pemilu selama ini. Agus berharap sinergi antara KPU kota Jakarta Selatan dan Pemerintah kota Administrasi Jakarta Selatan dapat terus terjalin dan meningkat kualitasnya di masa mendatang.

Kepala Divisi Perencanaan, Data & Informasi KPU Kota Jakarta Selatan, Ahmad Barizi pada pertemuan sebelumnya menyampaikan harapannya agar seluruh pelayanan administrasi kependudukan di wilayah kota administrasi Jakarta Selatan dapat membantu mensosialisasikan tahapan pemutakhiran data pemilih Pemilu 2024 kepada masyarakat di wilayah kota administrasi Jakarta Selatan. Lebih detail, Ahmad Barizi memaparkan bahwa Komisi Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Selatan telah menyiapkan aplikasi yang diperuntukkan agar masyarakat dapat dengan mandiri melakukan pengecekkan nama melalui aplikasi js-kompakmemilih.com atau melalui barcode yang sudah disediakan untuk kemudian masyarakat dapat mengetahui apakah namanya sudah terdaftar di data pemilih atau belum terdaftar.

Selain itu, Barizi juga menyampaikan bahwa masyarakat yang belum terdaftar juga bisa langsung memberikan informasi kepada Komisi Pemilihan Umum melalui link aplikasi pemutakhiran data pemilih milik KPU Kota Jakarta Selatan. Hanya dengan cukup melakukan scan barcode dan mengisi beberapa data serta meng-upload dokumen tertentu, masyarakat kota administrasi Jakarta Selatan dapat secara langsung memutakhirkan data pemilih secara mandiri melalui gawai pribadi masingmasing dan dapat dilakukan kapanpun serta di manapun.

Untuk itu Barizi berharap seluruh jajaran layanan kependudukan di wilayah Kota Jakarta Selatan mulai dari tingkat kota, kecamatan dan kelurahan membantu Komisi Pemilihan Umum untuk mensosialisasikan aplikasi tersebut melalui media brosur yang sudah terdapat link barcode di tampilannya. Dengan demikian, Barizi yakin masyarakat akan lebih faham dan aktif untuk melakukan pengecekan nama mereka masing-masing secara mandiri.

Merespon hal tersebut, Kepala Suku Dinas Dukcapil kota administrasi Jakarta selatan Nurrahman pada pertemuan tersebut secara langsung menginstruksikan kepada seluruh jajaran pelayanan administrasi kependudukan di tingkat Kota, Kecamatan maupun kelurahan untuk dapat bersinergi dan mendukung KPU dalam upaya pemutakhiran data pemilih di wilayah kota administrasi Jakarta Selatan

Selain itu, Nurrahman juga memerintahkan seluruh jajarannya untuk membantu KPU Kota Jakarta Selatan dalam melakukan pengecekan data pemilih yang sudah diberikan oleh KPU kota Jakarta Selatan pada pertemuan sebelumnya. 

Sinergi antara pemerintah daerah dan KPU sebagai penyeleanggara pemilu merupakan sebuah keniscayaan, ujar Nurrahman. Untuk itu jajarannya sebagai bagian dari Pemrintah daerah kota administrasi Jakarta Selatan, akan terus mendukung dan membantu sepenuhnya segala upaya KPU Kota Jakarta Selatan dalam rangka mensukseskan seluruh tahapan Pemilu 2024 khusunya di wilayah kota administrasi Jakarta Selatan. 

(mahdi/rzl/pp)