Home Edukasi Rektor ITB Ajak Lulusan ITB Berkontribusi dengan Pertukaran Pengetahuan

Rektor ITB Ajak Lulusan ITB Berkontribusi dengan Pertukaran Pengetahuan

624
0
SHARE
Rektor ITB Ajak Lulusan ITB Berkontribusi dengan Pertukaran Pengetahuan

Keterangan Gambar : Rektor Institut Teknologi Bandung, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph. (sumber foto : ist/itb.ac.id/pp)

BANDUNG, — www.parahyangan-post.com - Rektor Institut Teknologi Bandung, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., menyampaikan pidato dalam acara Wisuda Kedua Tahun Akademik 2022/2023, Sabtu (8/4/2023). Rektor membawakan tema “Berkontribusi dengan Pertukaran Pengetahuan”.

Prof. Reini mengatakan, wisudawan yang telah lulus akan memasuki fase baru dalam perjalanan karier mereka yaitu ‘memberikan kontribusi’. Saat ini, kondisi pengetahuan tumbuh dan berkembang pesat sehingga perkembangan pengetahuan yang terjadi dapat menimbulkan peluang baru, sekaligus tantangan baru.

“Dalam situasi seperti ini, ‘pertukaran pengetahuan’ menjadi sebuah faktor kunci dalam penciptaan nilai tambah (added value) dan menjawab permasalahan (problem solving)”, ujar Prof Reini.

Untuk itu, ia menekankan bahwa perlu adanya interaksi sosial dan pertukaran pengetahuan dengan berbagai pihak untuk penciptaan nilai tambah (added value) atau menjawab permasalahan (problem solving). Selain itu, dibutuhkan juga penggalian (exploration) kebutuhan (need) dengan mitra kerjasama untuk mempertemukan antara kebutuhan dengan pengetahuan/kompetensi yang dimiliki.

“Kebutuhan atau masalah di ‘dunia nyata’ tidak mengenal ‘kotak-kotak’ disiplin keilmuan. Jadi, kebutuhan atau masalah di dunia nyata perlu digali dan dipahami dengan pendekatan lintas-disiplin, lintas-kepakaran, dan solusi atas masalah tersebut membutuhkan berbagai kompetensi secara terpadu,” lanjut Prof. Reini.

Selain itu, Prof. Reini juga mengingatkan pentingnya memegang nilai, tradisi, dan sikap tertentu saat melakukan interaksi dan pertukaran pengetahuan dengan pihak lain. ITB, tambahnya, juga tengah menjalankan program Penguatan Budaya Ilmiah Unggul (BIU) melalui Kantor Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi (WRRI).

Rektor juga menyinggung tentang peluang digital connectivity yang semakin mendukung penguatan budaya ilmiah di berbagai elemen masyarakat.

Di akhir sambutannya, Prof. Reini kembali mengucapkan selamat dan terima kasih kepada wisudawan atas keberhasilan dan kepercayaan para orang tua wisudawan karena telah mempercayakan putra-putrinya untuk menempuh pendidikan di ITB. Tak lupa Prof. Reini menyampaikan harapannya kepada wisudawan untuk tetap terus berkarya dan menjadi ‘duta budaya ilmiah ITB’.

(sumber : itb.ac.id)