Home Edukasi MONACO 2024 PERTANDINGKAN 18 CABANG LOMBA TERBUKA UNTUK PELAJAR INDONESIA

MONACO 2024 PERTANDINGKAN 18 CABANG LOMBA TERBUKA UNTUK PELAJAR INDONESIA

101
0
SHARE
MONACO 2024 PERTANDINGKAN 18 CABANG LOMBA TERBUKA UNTUK PELAJAR INDONESIA

YOGYAKARTA - Parahyangan Post - MONACO atau Moehi National Competition merupakan sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Acara ini mengadakan serangkaian lomba tingkat nasional yang terbukti dapat mewadahi bakat pemuda Indonesia baik dalam bidang akademik maupun non akademik, yang ditujukan kepada siswa/i SMP dan SMA sederajat se-Indonesia. Diharapkan MONACO 2024 bisa menjadi ajang dan wadah bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk mencapai titik kejayaannya sebagai seorang generasi muda sekaligus generasi penerus bangsa. 

Menurut Yudianto, S.Pd selaku ketua guru pendamping kegiatan, Tahun 2024 ini merupakan kesembilan kalinya MONACO terselenggara dan MONACO#9 ingin melanjutkan semua perjuangan MONACO sebelumnya dengan mengambil tema “Unraveling the Mystery, Make Your Own History”. Arti dari tema tersebut adalah “Pengungkapkan Sebuah Misteri dan Membuat Sejarahmu Sendiri”. “Dengan tema ini kami berharap kegiatan MONACO #9 mampu menghadirkan peserta untuk dapat mengeksplorasi minat & bakat dalam diri mereka yang masih terpendam. Dalam kegiatannya, MONACO #9 menghadirkan 18 macam perlombaan dengan sistem online, offline, dan hybrid” paparnya. 

Meziyadah Kamilah selaku koordinator panitia bidang pendaftaran memaparkan pelaksanaan lomba dengan sistem online yaitu dengan pengumpulan karya atau seluruh babak dilaksanakan dalam jaringan. Pelaksanaan lomba dengan sistem offline yaitu dengan babak penyisihan, semifinal, dan final dilaksanakan secara tatap muka. Pelaksanaan lomba dengan sistem hybrid, yaitu dengan pengumpulan karya dan babak penyisihan dilaksanakan secara online, sedangkan semifinal dan final dilaksanakan secara tatap muka. “Pendaftaran secara resmi dibuka mulai 16 Juli 2024 dan ditutup pada 18 Agustus 2024 atau jika kuota peserta telah terpenuhi. Calon peserta lomba saat ini sudah dapat mendownload pedoman teknis dan mempelajari prosedur pendaftaran melalui https://monaco.smumuhi-yog.sch.id/# dan apabila ada hal yang ingin ditanyakan bisa menghubungi WA 0895-3275-74545. Insya allah akan kami layani sepenuh hati” pungkas Meziyadah Kamilah.

Adapun 18 cabang lomba tersebut diantaranya : Olimpiade IPA, Olimpiade IPS, Olimpiade Matematika, Debat Bahasa Indonesia, Mobile Legends: Bang Bang, Band Competition dan Cipta Puisi. Selain itu masih ada berbagai lomba lain, seperti : Fotografi, Tapak Suci Fighting, Lomba Lintas Alam, Basket, Da’i Muda, MHQ, MTQ, CCAI, Story Telling, Speech Contest dan Poster Digital. 

Lomba ini memperebutkan hadiah jutaan rupiah dan tropy bergilir dari Kemendikbud Ristek RI, Kemenpora RI dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. “Untuk menyiapkan SDM yang unggul di era industri 4.0 SMA Muhi telah memberikan wadah kompetisi yang positif bagi para pelajar untuk berkarya dan meraih prestasi. Adanya MONACO ini juga dapat sebagai wadah untuk menguatkan tali silaturahmi dan  membiasakan tradisi kompetisi bagi para pelajar Indonesia.”tutur Drs. Herynugroho,M.Pd selaku Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. 

Kepala sekolah juga menyampaikan bahwa Kompetisi MONACO 2024 yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah akan sangat bermanfaat untuk seorang pelajar dalam menghadapi tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0 yaitu menyiapkan SDM yang berkualitas, cerdas, kompetitif, dan berkarakter. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, maka pendidikan harus dapat membentuk individu-individu yang memiliki literasi, kompetensi dan karakter. “Kompetisi dan Riset harus dilakukan secara terus menerus untuk memecahkan masalah, menciptakan solusi, dan menemukan hal-hal baru yang inovatif guna peningkatan kualitas pendidikan secara berkelanjutan” pungkas beliau.


(Kontributor : Yusron Ardi Darmawan, M.Pd/PP)