Home Seni Budaya MENCOBA MENU SHOURBA LIBYA DI PESONA VIRGINIA

MENCOBA MENU SHOURBA LIBYA DI PESONA VIRGINIA

#Restro #Kuliner

145
0
SHARE
MENCOBA MENU SHOURBA LIBYA DI PESONA VIRGINIA

Rasa kepenasaran saya terusik, dan rasanya mesti hadir pada Haflah Ied dihari ketiga belas bulan Syawwal 1443 H, bertepatan dengan tanggal 14 Mei 2022.

Berlokasi di Pesona Virginia Blok L1/17 kawasan Kota Wisata, mestinya rasa kepenasaran saya itu terjawab.

Maka atas undangan Mudir Yayasan Semesta Al Qur'an, ustadz Abdan Lilaahil Ahad yang dihari ini mengundang saya untuk hadir dirumah Ketua Pengurus Yayasan Semesta Al Qur,an,  H.Ardi Wibisono di kawasan Kota Wisata dalam rangka Haflah Ied tadi.

Memang beberapa dekade silam, ustadz Abdan dan tuan rumah,  Ardi Wibisono keduanya pernah bermukim cukup lama di Libya.

Walau keduanya kini sudah berada di Indonesia bersama sama kawan lainnya sesama alumni Libya dan Jordania membangun unit usaha akhirat pendidikan tahfidzul Qur,an dalam satu naungan Yayasan Semesta Al Quran, yang kini tengah membangun sebuah Masjid di daerah Tanjungsari Desa Cibadak Dusun Ciparingga. Nostalgia masakan khas Shourba Libya seakan melekat dan tak lekang oleh waktu.

Lantas seperti apakah Shourba Libya itu?

Terbuat dari potongan daging kambing yang dicincang kecil kecil, diberi bumbu seperti layaknya sauce spagheti ala Italy dengan dominan irisan tomat,  persis inilah sup Shourba Libya, cuma bau khas daging kambing yang membedakan Shourba ini dengan sauce Spagheti.

Shourba ini dimakan dengan irisan roti tawar, meniru Shourba aslinya di Libya sana.

Rupanya tuan rumah, melengkapi juga dengan menu lainnya disamping Nasi Beryani dan menu lainnya juga disertai dengan Sate Padang masakan khas sang istri yang memang berasal dari Bukit Tinggi Sumatera Barat.

Dibakar oleh ustadz Edi sesama alumni Timur Tengah juga., Aaah, mungkin bagi para Alumni Libya kerinduan akan sup Shourba tuntas terobati, tidak dengan saya yang menilai bahwa sup Shourba itu tidak lebih dari sauce Spaghetti cuma di isi oleh daging kambing cincang, itu saja.

Tapi setidaknya rasa kepenasaran saya terbayar sudah dan bertambah lagi khasanah pengetahuan kuliner Timur Tengah saya.

Pesona Virginia, 14 Mei 2022

Laporan Langsung Oleh : Imansyah Hakim Al Rasyid/(Wartawan, penulis dan pengurus PJMI)