Home Edukasi IPM SMA Muhi Yogya Gelar Kajian Muslimah Bersama Analisa Widyaningrum

IPM SMA Muhi Yogya Gelar Kajian Muslimah Bersama Analisa Widyaningrum

162
0
SHARE
IPM SMA Muhi Yogya Gelar Kajian Muslimah Bersama Analisa Widyaningrum

YOGYAKARTA - Parahyangan Post - Sabtu 10 September 2022 Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA Muhi mengadakan acara Kajian Muslimah. Acara ini termasuk dalam rangkaian Talkshow ke-2 Moehi National Competition (MONACO) ke-7 Tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan di Grha As-Sakinah dan dimulai pukul 08.30 WIB. Kegiatan diikuti sekitar 340 siswa SMP / SMA Muhammadiyah di Kota Yogyakarta.  

Tema kegiatan talk show hari ini adalah “Impian dan Hambatan” dengan dibersamai dengan pemateri hebat Ibu Analisa Widyaningrum. Ibu Analisa Widyaningrum lahir di Yogyakarta pada tanggal 31 Januari 1989. Ia merupakan seorang Clinical Psychologist di Jogja International Hospital. Nama Analisa Widyaningrum dikenal sebagai seorang psikolog yang aktif menyebarkan inspirasi dan dikenal di media sosial. Analisa adalah Pendiri Analisa Personality Development Center.

Saat menjalani studi, ia adalah mahasiswa berprestasi. Analisa Widyaningrum adalah mahasiswa penerima Djarum Beasiswa Plus 2009. Ia bahkan menjadi lulusan terbaik Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2007 dengan predikat cumlaude dan IPK 3,8. Kegiatan Talkshow ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al – Qur’an. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini

Analisa Widyaningrum dalam ceramahnya memaparkan cara agar kita meraih cita-cita adalah:

 1. Ingat Tujuan Awal Kenapa Kamu Mempunyai Mimpi Tersebut

Biasanya saat seseorang mempunyai mimpi seseorang tersebut mempunyai tujuan kenapa harus meraih mimpi tersebut. Misalnya saat sahabat ingin menjadi juara kelas biasanya ingin membuat bangga kedua orang tua dengan prestasi yang di raih

2. Harus Punya Pendirian Yang Kuat

Seseorang yang mempunyai mimpi yang besar harus mempunyai pendirian yang kuat, karena dengan mempunyai pendirian yang kuat kita bisa lebih konsisten dalam meraih mimpi kita.

3. Jangan Pernah Menyerah

Dalam meraih mimpi, ujian pasti silih berganti. Mulai dari ujian ringan hingga yang berat pasti datang menghampirimu. Kita harus semangat dan pastinya pantang menyerah.

4. Tetapkan Deadline

Mimpi hanya akan menjadi angan serta khayalan kalau tidak menetapkan waktu.  Maka dari itu banyak hal yang mesti dilakukan salah satu caranya dengan menetapkan waktu atau deadline. Tujuan dari deadline ini adalah agar fokus serta tujuan sahabat dalam meraih segala cita-cita dan mimpimu jadi lebih terarah.

5. Selalu Berfikir Positif

Yakini mimpi serta proses yang sedang kamu jalani akan mengantarkanmu menuju kesuksesan.

6. Apabila Kamu Punya Beberapa Mimpi, Maka Harus Ada Yang Dikorbankan

Mempunyai banyak mimpi sebenarnya tidak salah, namun sebaiknya pilihlah mimpi yang menjadi prioritas sahabat, sehingga sahabat bisa dengan sungguh-sungguh meraihnya.

7. Jalin Networking

Setelah semua yang kamu lakukan tercapai, hal lain yang harus kamu lakukan adalah melakukan networking atau jaringan. Sahabat harus terbuka dengan orang-orang baru agar pencapaianmu semakin sempurna. Kamu bisa memulainya dengan membantu kesulitan mereka, sekalipun nantinya kamu tidak mendapatkan timbal baliknya secara langsung. Tapi setidaknya, ada pelajaran yang bisa kamu ambil dari orang-orang baru tersebut.

Beliau juga menyampaikan Hidup hanya sekali, maka kita perlu tetap menjalaninya dengan sepenuh hati. Semua yang kita alami akan menjadi bagian dari proses pendewasaan diri. Apa pun kesulitan dan masalah yang kita hadapi, yakini bahwa semuanya adalah yang terbaik untuk diri kita. Analisa Widyaningrum pun tak lupa berpesan pada seluruh anak muda agar tetap optimis meraih mimpi. "Survival can be summed up in three words: never give up." pungkas beliau.

Kegiatan ini digelar sebagai salah satu sosialisasi penyelenggaran Monaco 2022 yang akan menghadirkan serangkaian lomba bagi siswa SMP dan SMA sederajat dari seluruh Indonesia. Adapun pendaftaran Monaco masih dibuka secara online melalui https://monaco.smumuhi-yog.sch.id/ hingga akhir September 2022.

Puncaknya Monaco 2022 akan dilaksanakan pada 23 Oktober 2022 dengan mengadakan Moehi Leisure Night Festival 2022 dengan bintang tamu Fiersa Besari dan Guyon Waton. Acara ini terbuka untuk masyarakat umum dan pemesanan tiket dapat melalui https://yesplis.com/event/millenial atau menghubungi 085714930659 (Abdurrahman Nabil Hasan). Acara ditutup pukul 11.30 WIB dengan doa Bersama dan makan siang. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk para pelajar dan generasi muda. 

(Yusron Ardi Darmawan M.Pd/PP)