Home Edukasi Guru SMA Muhi Luncurkan Buku Kumpulan Cerpen

Guru SMA Muhi Luncurkan Buku Kumpulan Cerpen

135
0
SHARE
Guru SMA Muhi Luncurkan Buku Kumpulan Cerpen

Keterangan Gambar : Peluncuran dan penyerahan simbolis buku Kumpulan Cerpen, karya Ichsan Yunianto Nuansa Putra M.Pd, Guru di SMA Muhi Yogyakarta (Foto : Ist/pp)

YOGYAKARTA - Parahyangan Post - Bertempat di ruang kerjanya Kepala SMA Muhi Yogyakarta Drs H. Herynugroho, M.Pd menerima secara simbolis buku kumpulan cerpen "Jangan Sendirian Kamu Tidak Sendiri", Senin (08/08/2022).

Cerpen ini merupakan karya dari Ichsan Yunianto Nuansa Putra M.Pd yang merupakan Guru Bahasa Indonesia SMA Muhi Yogyakarta. Cerpen ini berisi kumpulan cerita misteri yang terinspirasi dari pengalaman pribadi penulis maupun murni imajinasi belaka. Disini penulis menampilkan “misteri” sebagai “horor”. Menurut penulis “misteri” merujuk kepada sesuatu yang masih belum jelas, berupa teka-teki, atau bersifat rahasia. Dengan demikian, kisah horor hadir sebagai suatu ketidakpastian sekaligus rahasia illahi. Penulis diantara percaya dan tidak percaya.
 
Ichsan Yunianto Nuansa Putra M.Pd dengan jelas memunculkan sebuah korpus: “Buku ini merupakan kecemasan saya terhadap potongan fenomena yang tersaji di kehidupan sekitar.” Selain menulis cerpen, penulis kelahiran juga sudah sering menulis puisi dan artikel di sejumlah surat kabar, majalah, dan antologi bersama. Alumnus Magister Pengkajian Bahasa UMS tahun 2017 ini pernah meraih juara 1 lomba cipta puisi yang berjudul Aksara Pemuda tahun 2020. Buku kumpulan cerpen yang berjudul Jangan Sendirian Kamu Tidak Sendiri ini merupakan buku tunggalnya yang pertama. Ia menggandeng penerbit Penerbit Orakel sebagai mitranya dalam penerbitan buku ini. 

Menurut penulis, ada beberapa fungsi dari cerpen yaitu : Fungsi rekreatif : sebagai penghibur bagi para pembaca. Fungsi estetis : memiliki nilai estetika atau keindahan sehingga memberi rasa puas dalam hal estetis bagi para pembaca. Fungsi didaktif : memberi pembelajaran atau pendidikan bagi para pembaca. Fungsi moralitas : memiliki nilai moral sehingga pembaca mengetahui mana yang baik dan buruk berdasarkan cerita yang terkandung. Fungsi relegiusitas : memberi pembelajaran religius sehingga dapat dijadikan contoh bagi pembaca.

“Alhamdulillah saya bersyukur tahun 2022 ini telah berhasil menerbitkan buku tunggal yang pertama. Semoga ini menjadi awal lahirnya berbagai karya selanjutnya. Harapan saya semoga karya ini bisa menginspirasi peserta didik saya untuk berkarya di bidang karya sastra” pungkas beliau. 

Drs H. Herynugroho, M.Pd mengucapkan selamat dan apreasinya atas pencapaian yang diraih oleh penulis. Menurut beliau dengan memberikan apresiasi karya sastra, kita akan menemukan berbagai nilai kehidupan yang bermanfaat untuk memperkaya khasanah batin yang tidak ditemukannya dalam karya lain. Ada banyak nilai kehidupan dan pesan moral yang terkandung dalam karya sastra.

“Kita harus memberikan apresiasi atas karya sastra seseorang. Salah satu tujuan kita memberikan apresiasi karya sastra adalah untuk mengedukasi  agar mengetahui apa, bagaimana, dan alasan dari suatu karya sastra dibuat. Dengan begitu kita dapat mengambil hikmah atas cerita tersebut” pungkas beliau.

Bagi masyarakat yang tertarik dengan cerpen ini bisa menghubungi penulis melalui WA  : 0818 275 515.

 (Yusron Ardi Darmawan M.Pd/PP)