Home Edukasi Di Hari Kebangkitan Nasional Denny JA Luncurkan Website 300 Karyanya

Di Hari Kebangkitan Nasional Denny JA Luncurkan Website 300 Karyanya

Membantu Meningkatkan Rangking Literasi Indonesia

134
0
SHARE
Di Hari Kebangkitan Nasional Denny JA Luncurkan Website 300 Karyanya

Keterangan Gambar : Denny JA

Di Hari Kebangkitan Nasional Denny JA Luncurkan Website 300 Karyanya

Membantu Meningkatkan Rangking Literasi Indonesia

Jakarta, parahyangan-post.com-Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD.  Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional. Menurut Denny, di tahun 2016, Central Connectitute State University (CCSU) mempublikasi rangking negara literasi di berbagai belahan dunia. Indonesia berada pada posisi yang sangat buruk. Yaitu nomor dua paling bawah: ranking 60 dari total 61 negara yang diteliti. Hanya di atas negara Botswana, dari Afrika.

Sumber daya untuk literasi di Indonesia dianggap sangat rendah dibanding banyaknya populasi. Jumlah perpustakaan, jumlah penerbitan, jumlah buku yang bisa diakses publik masih terlalu sedikit.

Karena itu, ujar Denny, sekecil apapun harus dimulai sebuah tradisi memperkaya tersedianya sumber daya literasi yang bisa diakses publik luas di Indonesia.

“Persoalan ini ikut memotivasi saya untuk memulai tradisi menerbitkan karya saya sendiri agar bisa diakses bebas dan gratis oleh publik luas di internet,” ujar Denny.

Dijelaskan, teamnya  berkerja sekitar lima tahun untuk mendigitalkan sekitar 300 karyanya. Sebanyak lebih kurang 100 karya di bidang fiksi, 200 karya di bidang non- fiksi. Sekitar 100 karya yang sudah diterjemahkan atau diberi substitel bahasa Inggris. Tak hanya dalam bentuk teks, tapi karya ini juga berbentuk video orasi, video animasi hingga film. Ini jejak 40 tahun Denny JA berkarya, sejak tahun 1981.

Dulu ketika mahasiswa, saya menulis kolom di berbagai media nasional untuk membiayai kuliah. Saya berasal dari keluarga sangat sederhana. Namun kini, karena saya sudah memiliki sekitar 30 usaha bisnis lain, menulis bagi saya adalah derma. Karena itu saya dermakan semua karya saya untuk bisa diakses secara gratis. Website ini membuat sebanyak 300 karya itu bisa diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun, tanpa perlu membayar satu rupiah pun,” ujar Denny.

Denny sengaja meluncurkan website ini di hari Kebangkitan Nasional.  Karena ke depan, ujar Denny, Kebangkitan Nasional Indonesia harus juga menyertai kebangkitan dunia literasi.

Riset sudah menunjukkan, sambung Denny, bahwa negara yang literasinya kuat, juga negara yang membuat penduduknya lebih bahagia. Akses menuju website Denny JA dapat melalui link: https://dennyja.world/en/dennyja-world/.*** (aboe/pp)