Home Seni Budaya Visions of Peace Awards Meriahkan Nusantara Peace Day & World Peace Day

Visions of Peace Awards Meriahkan Nusantara Peace Day & World Peace Day

715
0
SHARE
Visions of Peace Awards Meriahkan Nusantara Peace Day & World Peace Day

Keterangan Gambar : Pelapasan Balon Merah Putih dan Burung Merpati Sebagai Simbol Perdamaian (sumber foto : BatikTV/PP)

PEKALONGAN [www.parahyangan-post.com] - Dalam rangka memperingati hari perdamaian sedunia atau World Peace Day (WPD) Majelis Adat Nusantara (Matra) mengadakan kegiatan menggambar dan mewarnai serta pagelaran seni dan budaya di Pondok Pesantrean Asy-Safi’i, Buaran, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (06/09/2021). 

Erna Santoso, selaku Ketua Umum Yayasan Peduli Anak Indonesia (YPAI), menyampaikan, untuk saat ini dalam rangka World Peace Day (WPD), kami mengadakan lomba menggambar perdamaian dunia yang sifatnya internasional. 

Selain itu, lanjut Erna Santoso juga dalam rangka memperingati Hari Perdamian Nusantara yang seharusnya jatuh, pada tanggal 3 September 2021, namun karena ada berbagai kegiatan, maka baru terlaksana hari ini. 

Dalam kesempatan tersebut Ketua Yayasan Peduli Anak Indonesia berharap bisa tercipta rasa damai baik bagi anak-anak pondok pesantren dan tercapainya pedamaian Nusantara, demi budaya dan adat kita, dapat bersatu, cita kasih dalam damai, dan selalu menghargai suku, agama, bangsa dimanapun berada. 

Sementara itu, Damien Dematra selaku pendiri Visions Of Peace menyampaikan bahwa Visions Of Peace sudah berdiri sejak empat tahun yang lalu dengan tujuan mempromosikan perdamaian melalui jalur seni secara kreatif kepada anak-anak yang berumur lima hingga delapan belas tahun. 

Lebih lanjut Damien Dematra berharap melalui seni anak-anak dapat belajar secara sendiri lewat perenungan untuk dapat menghasilkan karya tentang artinya perdamaian. Hal itulah yang dilakukan Visions Of Peace untuk menciptakan perdamaian yang terbebas dari kekerasan dan terorisme. 

Kegiatan menggambar dan mewarnai serta pagelaran seni dan budaya diikuti olah para santri, juga dihadiri oleh Pimpinan Pondok Pesantren, para pengajar, guru/ustadz, pengurus serta warga masyarakat sekitar. 


Dalam acara pembukaan, secara seremonial dibuka dengan menerbangkan dan pelepasan balon merah putih serta burung merpati sebagai simbol perdamaian, baik tanah Nusantara dan juga di seluruh dunia. 

(Ratman/PP).