Home Edukasi Penganugrahan Riset dan Psikomotorik Bahasa ala SMA Muhi Yogyakarta

Penganugrahan Riset dan Psikomotorik Bahasa ala SMA Muhi Yogyakarta

109
0
SHARE
Penganugrahan Riset dan Psikomotorik Bahasa ala SMA Muhi Yogyakarta

YOGYAKARTA -- Parahyangan Post -- SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengadakan kegiatan Penganugrahan Riset dan Psikomotorik Bahasa Tahun Ajaran 2021 / 2022. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 12.45 WIB bertempat di Grha As- Sakinah. Acara ini dihadiri oleh Majelis Pendidikan Dasar Menengah PWM DIY, pimpinan sekolah, guru pembimbing, dan para peserta didik kelas X dan XI yang terpilih untuk mendapatkan penghargaan. Kegiatan pembimbingan riset dan psikomotorik bahasa merupakan kegiatan pengembangan diri yang wajib diikuti oleh peserta didik kelas X dan XI. Peserta didik kelas X mendapatkan pendampingan psikomotorik bahasa dan peserta didik kelas XI mendapatkan pendampingan riset.

Pembimbingan psikomotorik bahasa terbagi atas Bahasa Inggris, Arab, Indonesia dan Bahasa Jawa. Pembimbingan riset terbagi atas riset dari seluruh mata pelajaran pada rumpun IPA dan IPS. Para peserta didik kelas X dan XI diberikan kebebasan untuk memilih jenis bahasa dan jenis riset yang diminati. Marsuni, S.Pd selaku wakil kepala urusan kurikulum mengucapkan selamat atas prestasi ananda peserta didik kelas X dan XI yang telah meraih nominasi dalam penghargaan ini. “Kami juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan kerja keras seluruh bapak ibu guru pembimbing yang dengan sabar telah membimbing ananda” pungkas beliau.

Kepala SMA Muhi Drs. H Herynugroho, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada abad 21 dimana perkembangan IPTEK semakin pesat maka kualitas sumber daya manusia juga dituntut untuk semakin berbobot dan berkualitas. Maka dari itu, agar peserta didik meningkatkan kualitas diri dan dapat berkiprah pada abad 21, SMA Muhi membekali mereka  dengan tiga pilar penting yaitu penguasaan literasi, kompetensi, dan karakter. Menghadapi permasalahan yang sangat kompleks, peserta didik dilatih untuk memecahkan persoalan tersebut dengan pendekatan ilmiah melalui riset. Sedangkan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik dilatih dengan bimbingan psikomotorik bahasa.

Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah D.I.Yogyakarta Achmad Muhammad, M.Ag dalam motivasinya mengucapkan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada SMA Muhi.

“Saya berdoa semoga 50 tahun lagi salah satu peraih Nobel adalah lulusan SMA Muhi. Semoga tradisi riset menjadi bagian dari SMA Muhi” papar beliau.

Menurut beliau untuk menjadi seorang peraih Nobel, seseorang harus terbiasa melakukan riset sejak dini. “Keterampilan berbahasa pada abad – 21 merupakan salah satu kunci untuk memenangkan persaingan global, sehingga sangat tepat jika para peserta didik dibekali dengan keterampilan bahasa” pungkas beliau.

Setelah acara sambutan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis kumpulan hasil karya siswa dari Ema Ambarwati, M.Pd selaku penanggung jawab kegiatan riset dan psikomotorik bahasa kepada Kepala SMA Muhi. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan untuk peserta didik dengan karya terbaik pada setiap bidangnya.

Sebelum acara ditutup, Ananda Damar Wahyu Suwarno dari kelas XI mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang diberikan bapak ibu guru.

“Ada banyak pengalaman yang berharga selama saya melakukan riset ini. Setiap tahapan riset memberikan kesan yang mendalam yang sangat berguna ketika nantinya di perguruan tinggi” pungkas ananda.

Kegiatan ditutup pukul 14.30 WIB dengan membawa pengalaman dan harapan yang tinggi untuk kesuksesan di masa depan.

(yusron ad/pp)