Home Nusantara The Papua Way Menceritakan Isu Konflik Papua

The Papua Way Menceritakan Isu Konflik Papua

277
0
SHARE
The Papua Way Menceritakan Isu Konflik Papua

JAKARTA (www.parahyangan-post.com) - Hendrik Yance Udam (HYU) Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (DPN Gercin Indonesia) memberikan apresiasi penulis buku Anthonius Ayorbaba SH MSi. Dimana karyanya berjudul The Papua Way Dinamika Konflik Laten Dan Reflekasi 10 Tahun Ostus Papua. 

"Sebagai warga Papua saya memberikan apresiasi kepada Anthonius Ayorbaba Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua. Yang mana telah menulis buku tentang perjalanan Otonomi Khusus (Otsus) di Papua selama 10 tahun,” kata HYU Tokoh Nasional asal Papua, Senin (3/1/2022) .

HYU yang dijuluki Genghis Khan Indonesia di panggung politik nasional ini menjelaskan, buku yang ditulis oleh Tokoh Papua Anthonius Ayorbaba sangat relevan tentang isu-isu Papua kekinian. Katanya, buku tersebut terdiri dari 7 BAB dan sudah baca sampai habis.

"Di dalam setiap BAB penulisannya sangat kritis dan menjelaskan tentang konflik Papua, serta langkah-langkah konkrit dalam menyelesaikan persoalan Papua  secara damai," terang HYU.

Menurutnya, BAB I menjelaskan tentang bagaimana memahami konflik Papua dengan peacemaking criminologi. BAB II  menjelaskan tentang arkeologi koflik dan geosrategi tanah Papua. Kemudian, BAB III menjelaskan tentang dinamika konflik laten di Papua.

Sementara kata HYU, BAB IV menjelaskan tentang implementasi Otsus Papua dan masalahnya. Selanjutnya, didalam BAB V  menjelaskan tentang pergeseran peta konflik Papua di masa Otsus.

"Untuk Bab VI menjelaskan tentang Otsus Papua di persimpangan jalan, dan BAB VII  menjelaskan tentang Kerangka Resolusi Minimal,” pungkas HYU.

HYU mengatakan, buku tersebut sangat menarik secara sosial dan politik. Yang mana di tulis secara cermat, tepat dan penuh dengan kejujuran oleh penulis. Yang mana seorang penulis buku ini dipercayakan oleh negara sebagai Kepala Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua.

HYU juga menyarankan agar buku ini kiranya dapat di baca oleh pegiat politik tentang isu-isu Papua, serta kementerian lembaga yang ada di Jakarta yang  berkepentingan dengan isu Papua.

"Sehingga kebijakan politik yang akan di ambil, untuk menyelesaikan persoalan Papua  bisa mendapatkan referensi dari buku The Papua Way yang di tulis Tokoh Papua Anthonius Ayorbaba,” ujar HYU.

(Didi/PP)