Home Hukrim Jelang Idul Fitri 1443H Petugas Kejari Jaktim Jelaskan Operasional Loket Tilang

Jelang Idul Fitri 1443H Petugas Kejari Jaktim Jelaskan Operasional Loket Tilang

232
0
SHARE
Jelang Idul Fitri 1443H Petugas Kejari Jaktim Jelaskan Operasional Loket Tilang

JAKARTA -- Parahyangan Post -- Loket pelayanan berkas tilang kendaraan bermotor di Kejaksaan Negeri Jakarta Timur ditutup pada Kamis 28 April 2022. Sesuai penetapan dari Pemerintah hari libur dan cuti bersama Lebaran ditentukan mulai tanggal 29 April hingga 4-6 Mei 2022.

Rury Abdurachman Saleh menjelaskan loket antrian tilang akan kembali dibuka setelah libur nasional Hari Raya Indul Fitri 1443 H pada tanggal 2-3 Mei 2022. Namun, kata koordinator, dipastikan loket akan normal lagi mulai tanggal 9 Mei 2022 mendatang. 

" Terakhir tanggal 28 April (Kamis) mulai lagi tanggal 9 Mei 2022. Mungkin animo masyarakat fokus buat pulang kampung. Sudah beberapa minggu ini pelanggar tilang agak sepi karena pengiriman berkas banyak hari libur bulan April pada saat hari sidang," ungkap Rury, Selasa (19/4/2022). 

Untuk saat ini, menurutnya, jam operasional dilokasi loket pengambilan barang bukti berupa SIM kendaraan bermotor di buka mulai pukul 08.15-14.30 Wib dibulan suci Ramadhan. Pengunjung loket tilang dari pengamatan Rury menjelang Lebaran kini mengalami penurunan. 

" Besar kemungkinan tanggal 22 April 2022 terjadi penumpukan pengiriman berkas sidang dikarenakan pada sidang Jum'at lalu (tanggal merah) sidang libur," kata koordinator loket tilang Kejari Jaktim. 

Proses transaksi pengambilan berkas tilang disampaikan olehnya dapat dilakukan secara online. Adapun, khusus pelanggar lalulintas yang berdomisili di luar Jabodetabek diberikan kemudahan melalui mekanisme sistem daring. Untuk biaya pengiriman tetap ditanggung oleh pelanggar sesuai dengan jasa kurir yang telah disepakati. 

" Intinya untuk menebus tilang itu pelanggan harus membawa bukti kertas tilang biru. Kalau didaerah (luar Jakarta) dia (pelanggar lantas) mengirim dulu berkas kertas biru kesini," jelas Rury. 

Cara alternatif lainnya, kata Rury, jasa ojek online pun bisa dilakukan oleh pelanggar lalu lintas untuk mempermudah proses pengambilan SIM. Kemudian, pembayaran denda tilang harus disertai dengan berkas berwarna biru. Berkas biru itu sendiri diberikan oleh petugas lalulintas saat pengemudi ditindak dijalan.

(didi/pp)