Home Edukasi Yatim Madiri Gelar OMATIQ 2022

Yatim Madiri Gelar OMATIQ 2022

PJMI Siap Mensosialisasikan kepada Masyarakat

124
0
SHARE
Yatim Madiri Gelar  OMATIQ 2022

Keterangan Gambar : Salah seorang juara OMATIQ 2022

Yatim Madiri Gelar OMATIQ 2022

PJMI Siap Mensosialisasikan kepada Masyarakat

Jakarta, parahyangan-post.com – Yatim Mandiri kembali menggelar Olimpiade Matematika dan Al-Quran (OMATIQ) 2022. Berlangsung pada Ahad-Selasa (13-15/11. Berlokasi di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta.

OMATIQ  diikuti  116 peserta yang terpilih dari seluruh Cabang Yatim Mandiri di Indonesia. Peserta dibagi kedalam tiga cabang olimpiade. Yaitu 50  Olimpiade Matematika, 50 Olimpiade Al-Quran, dan 16 peserta mengikuti Yatim Mandiri Got Talent.

Sebagai pemantik semangat, pada hari pertama seluruh peserta mengikuti edukasi wisata dan literasi di Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Selanjutnya seluruh peserta mengikuti Grand Final.

Keluar sebagai juara pertama Olimpiade Matematika Delicia Putri Kirana delegasi dari Cabang Kediri Juara kedua  Aulia’u Latifah delegasi dari Cabang Sragen dan juara ketiga Lintang Meydira delegasi dari Cabang Yogyakarta.

Sedangkan untuk Olimpiade Al Quran, Juara pertama diraih  Aslam Rahmat Isnani delegasi dari Cabang Malang. Juara kedua Fatimah Azzahra delegasi dari Cabang Sidoarjo dan  juara ketiga Nur Alfina Adawiyah delegasi dari Cabang Gresik.

Untuk lomba Yatim Mandiri Got Talent, juara pertama delegasi dari Cabang Palembang atas nama M. Dzaky S., Habiburrahman A.F., M. Hafiz, dan M. Zakir dengan penampilan Seni Pencak Silat. Juara dua dari Cabang Purwokerto atas nama Nida Ul Jannah, Dita Oktafiana, Iken Diptyasih, dan Khansa Khoirunnisa dengan penampilan Drama Guyon Maton Banyumasan. Sedangkan juara ketiga dari Cabang Banyuwangi atas nama Della Putri Monica, Laila Novelis Sari, dan Rezilia Amanda dengan penampilan Tarian Gandrung.

Program Rutin

Olimpiade Matematika dan Al-Quran (OMATIQ) merupakan program rutin yang digelar oleh Yatim Mandiri setiap tahunnya. Dimulai  sejak tahun 2016 lalu. Dengan peserta anak yatim dhuafa. Olimpiade ini merupakan upaya memandirikan anak yatim, sekaligus meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di bidang matematika, agama Islam, dan Al-Quran.

Olimpiade ini bahkan menjadi olimpiade terbesar yang diikuti anak yatim di Indonesia. Grand Final OMATIQ 2022 dihadiri  Perwakilan dari Perpustakaan Nasional. Ibu Yuli Marani dan Bapak Sutrilastio. Turut hadir  Bapak Urwah dari Manara Studios yang mengenalkan tentang aminasi IBRA, serta Bapak Anjar Adhi Cahyo selaku perwakilan dari Sub Tata Usaha Graha Wisata TMII. Pak Tarno Pesulap pun turut hadir menghibur peserta.

Pada kesempatan ini juga terjalin kolaborasi sekaligus penyaluran beasiswa sebesar Rp 426.375.000 untuk 302 anak yatim dhuafa oleh Askrindo Syariah. Diserahkan langsung oleh Sekretaris PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah Wisnoe Marety, didampingi Ketua OPZ PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah Farid Datul Rohman.

Direktur Pendistribusian Yatim Mandiri Bapak Miftahur Rahman menyampaikan  kelancaran OMATIQ berkat dukungan berbagai pihak dan donatur Yatim Mandiri dalam upaya mewujudkan kemandirian yatim dhuafa di Indonesia.

Miftahur Rahman juga menginformasikan bahwa, acara Grand Final di Perpustakaan Nasional, Jakarta ini merupakan acara puncak, yang sebelumnya babak penyisihan sudah dilaksanakan di 50 Cabang Yatim Mandiri dengan peserta lebih dari 3000 anak yatim dan dhuafa.

Sementara itu Ketua Umum PJMI Ismail Lutan menyatakan salut atas Pengelola Yatim Mandiri untuk mensejahterakan anak-anak yatim Indonenesi. Pihaknya siap bekerjasama dan mensosialisasikan kegitan berikutnya kepada masyarakat luas.***( aboe/pp/rls)