Home Nusantara WIMA INA Gelar Pelatihan Memasak untuk Perempuan Penyandang Disabilitas

WIMA INA Gelar Pelatihan Memasak untuk Perempuan Penyandang Disabilitas

Sambut Hari Perempuan Internasional

243
0
SHARE
WIMA INA Gelar Pelatihan Memasak untuk Perempuan Penyandang Disabilitas

JAKARTA (Parahyanganpost.com)  – Menyambut hari International Women Day pada tanggal 8 Maret, WIMA INA (Women in Maritime Association Indonesia) memperingati dengan kegiatan yang berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu memberikan Apresiasi kepada 20 Perempuan Penyandang Disabilitas.

“Seiring berjalannya waktu, peran perempuan mulai bangkit dan berhasil membuktikan bahwasanya keberadaannya sangat diperlukan untuk turut berkontribusi terhadap pembangunan bangsa. Salah satu peran perempuan di dalam upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, yaitu di sektor industri maritim,” ujar Ketua WIMA INA Dr Chandra Motik, sebagaimana dilansir Samudranesia, Minggu (7/3).

Sambung dia, menyadari pentingnya peran perempuan dalam pembangunan, WIMA Indonesia sebagai wadah pelaku usaha di sektor maritim, pihaknya ingin berperan aktif dalam mengisi pembangunan melalui berbagai kegiatan yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dengan mengedepankan sinergitas antar anggota.

“Adanya pandemi Covid 19 saat ini, telah memberi dampak penurunan pendapatan ekonomi kepada para penyandang disabilitas yang mayoritas bekerja di sektor informal, seperti banyaknya mereka bekerja di bidang jasa (penjahit, terapis, dan tukang pijat),” tambahnya.

Dalam rangka memperingati International Women Day, pada kesempatan ini WIMA INA bekerja sama dengan AKADEMI KULINERI de Chef, Bogor melaksanakan kegiatan, yaitu memberikan pembekalan dan pelatihan serta pendampingan memasak beberapa jenis kue dan minuman yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kreativitas, kemandirian dan kesejahteraan bagi penyandang disabilitas.

“Selain kegiatan pelatihan dan pendampingan, WIMA INA akan memberikan alat perlengkapan berupa mixer dan oven listrik, agar setelah pelatihan dapat langsung dimanfaatkan untuk membuat dan menjual produk makanan, lanjut Wakil Ketua Umum WIMA INA Carmelita Hartoto.

Ungkapan haru bercampur bahagia dari salah satu peserta pelatihan, Miya, yang juga Ketua Yayasan Disabilitas Kreatif Indonesia, mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar WIMA INA atas kesempatan pelatihan, pendampingan dan pemberian peralatan.

“Kegiatan ini sangat membantu kami untuk tetap berkreasi guna memenuhui kebutuhan sehari hari,” pungkas Miya.  (*)

(sumber : samudra indonesia/rolla/pp)