Home Agama Wapres: Industri Pariwisata Halal Indonesia harus Jadi yang Terbesar

Wapres: Industri Pariwisata Halal Indonesia harus Jadi yang Terbesar

Menjawab Tantangan Selera Konsumen yang Selalu Berubah

239
0
SHARE
Wapres: Industri Pariwisata Halal Indonesia harus Jadi yang Terbesar

Keterangan Gambar : Wapres KH Ma'ruf Amin saat menyampaikan sambutan pada Kongres Halal Internasional di Babel (foto dok)

Wapres: Industri Pariwisata Halal Indonesia harus Jadi yang Terbesar

Menjawab Tantangan Selera Konsumen yang Selalu Berubah

Babel, parahyangan-post.com- Sudah selayaknya Indonesia memberikan kontribusi signifikan  terhadap industry pariwisata halal dunia. Karena Indonesia adalah negara berpenduduk Muslim terbanyak dan konsumen produk halal terbesar.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden KH  Ma’ruf Amin pada Kongres Halal Internasional 2022 di Bangka Belitung pada Selasa (14/6).

“Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia,  Indonesia sudah memberikan kontribusi terhadap konsumsi halal sebesar 10 persen. Namun sebaiknya tidak berhenti sampai di situ. Indonesia harus menjadi produsen produk-produk halal terbesar di dunia,” tutur KH Ma’ruf Amin pada pidato pembukaan.

Lebih jauh dikatakan,  pola pikir konsumen yang berubah karena konsumen sekarang ini begitu selektif dalam mengonsumsi makanan. Tidak hanya harus sesuati dengan syariat, namun juga mesti sejalan dengan etika, berkualitas tinggi dan aman.

Bahkan, kata Kyai Maruf, kebutuhan semacam tersebut tidak hanya dituntut oleh umat Muslim, tetapi juga oleh umat non Muslim, bahkan negara yang mayoritas non Muslim mempunyai standarisasi yang sama dengan umat Islam ketika hendak mengkonsumsi.

‘’Hal ini menjadikan produk halal dan ekonomi syariah bersifat inklusif, tidak diperuntukan hanya pemeluk agama Islam saja, tetapi dibutuhkan beragam kalangan,’’ tambah KH Ma’ruf.

Kongres Halal Internasional 22 berlangsung pada tanggal 14-18 Juni 2022 di Bangka Belitung. Selain Wapres turut memberikan materi diantaranya, Ketua Umum MUI KH Miftachul  Akhyar dan Pj. Gubernur Babel  DR. Ir. Ridwan Djamaluddin M. Sc,*** (aboe/pp)