Home Seni Budaya Tora Kundera: Depok harus Memiliki Gedung Kesenian

Tora Kundera: Depok harus Memiliki Gedung Kesenian

Akan Gelar Kemah Sastra II di Bengkel Teater Rendra

141
0
SHARE
Tora Kundera: Depok harus Memiliki Gedung Kesenian

Keterangan Gambar : Tora Kundera (paling kiri) saat berdiskusi dengan para seniman, di cafe Miebii untuk menggelar Kemah Sastra II yang rencananya akan numpang di Bengkel Teater Rendra karena Depok belum memilki Gedung Kesenian. ( foto mb)

Tora Kundera: Depok harus Memiliki Gedung Kesenian

Akan Gelar Kemah Sastra II di Bengkel Teater Rendra

Depok parahyangan-post.com- Untuk mengakomodasi kreafitas seniman, Depok harus memiliki Gedung Kesenian yang representatif. Yang mampu menampung dan menampilkan segala jenis kesenian yang berkembang.  Hal tersebut disampaikan tokoh muda yang juga Ketua Komite Sastra Depok, Tora Kundera.

“Gedung Kesenian itu sangat penting sebagai ruang kreatifitas seniman Depok. Misalnya saat ini. Kami akan menyelenggarakan Kemah Sastra II di Depok. Kami tidak punya tempat. Maka kami terpaksa numpang di Bengkel Teater alm. Budayawan Rendra,” tutur Tora kepada parahyangan-post.com, di Café, Miebii, beberapa waktu lalu.

Dikatakan Tora, karena tidak memiliki gedung Kesenian, Dewan Kesenian Depok kurang aktif. Hal ini membuat  seniman Depok tidak memiliki payung resmi dan rumah bersama dalam berkarya.  Untuk mengibarkan panji Kota Depok lewat kebudayaan.

Tora yang juga mantan pengurus Dewan Kesenian Depok berharap. Walikota Muhammad Idris dan Wakil Walikota Imam Budi Hartono agar membentuk Dewan Kebudayaan Depok.

 “Apalagi ini sesuai visi Pak Idris dan Bang Imam yaitu Depok Maju Berbudaya Sejahtera. Jadi kata berbudaya harus benar-benar diimplementasikan agar amanah,” ujar pelantun lagu Monumen Bambu Runcing ini.

Selain berkarya secara pribadi, lanjut Tora, sebagai pekerja seni pihaknya butuh forum resmi yang bisa berdialog.

“Seniman  Depok juga punya hak mengakses APBD dan mendorong kebijakan yang pro terhadap pekerja seni,” ujar Tora Kundera, yang kini aktif di Forum Seniman Depok (FSD) dan penggagas MASAMA (Malam Sastra Margonda).

Mengenai Kemah Sastra II, Tora menjelaskan, helatan itu akan diselenggarakan sekitar bulan September mendatang di Bengkel Tater Rendra. Kemah Sastra II Merupakan lanjutan dari Kemah Sastra I yang diselenggarakan di Bogor 3 tahun lalu. Penyelenggaranya adalah Komunitas Sastra (KOSA) Jawa Barat.

“Untuk tahun ini Kota Depok mendapat amanah untuk menyelenggarakan Kemah Sastra tersebut dan saya ditunjuk sebagai ketua panitianya,” tutup Tora.*** (boe/pp)