Home Edukasi Sertifikasi Certified School Speaker of AR Learning Center (C.SS.-ALC)

Sertifikasi Certified School Speaker of AR Learning Center (C.SS.-ALC)

Batch 2 Memikat Peserta dari Berbagai Penjuru Indonesia

137
0
SHARE
Sertifikasi Certified School Speaker of AR Learning Center (C.SS.-ALC)

JAKARTA [ www.parahyangan-post.com ] - Di dunia kita saat ini, diam bukanlah pilihan. Sebagai manusia, kita dituntut untuk mampu menyuarakan pendapat dan kemampuan diri. Dengan demikian, kemampuan berkomunikasi menjadi sangat penting, khususnya dalam upaya membangun hubungan interpersonal yang baik.

Menyikapi hal tersebut, AR Learning Center Kembali membuka pelatihan dalam bidang public speaking, khususnya dalam tajuk Certified School Speaker of AR Learning Center. Dalam bahasannya, tidak semua hanya dikaitkan dengan berbicara di sekolah, namun juga merambah hingga Universitas maupun Ketika bicara di forum yang lebih formal dengan pembicara yang lebih berumur.

Acara ini berlangsung selama tiga hari pada prime time, tanggal 7-9 April 2021. Dua hari menggunakan WA grup dan satu hari menggunakan media Zoom.

Kegiatan yang paling menarik ada di hari ketiga, saat penggunaan Zoom. Pada penggunaan Zoom, Coach Akbar Widigdo memulai dengan quote oleh Paul W. Swets yang intinya “Tidak ada yang lebih penting dalam hidup selain kemampuan berkomunikasi dengan baik”. Kenapa demikian? Karena pada dasarnya seperti yang disampaikan sebelumnya, semua bentuk karir pada masa kini sangat perlu kemampuan berbicara, dari yang dianggap elit maupun yang biasa-biasa saja.

Salah satu peserta, Tungki Pratama Umar, juga turut menyetujui hal ini, “Tanpa komunikasi, anda akan hancur, atau setidaknya bakal sulit berkembang. Tapi ingat, komunikasi itu untuk memajukan diri, bukan menjatuhkan orang lain. Ditambah lagi, jangan untuk praktik-praktik yang tidak benar”. Sayangnya, memang tidak banyak orang yang berhasil dalam bidang public speaking, makanya sangat tergantung pada kita untuk memajukan diri, salah satunya melalui pelatihan yang digeber AR Learning Center ini.

Pelatihan ini mampu memberikan insight baru, bahwa saat berbicara, banyak aspek yang harus disampaikan. Bukan cuma jadi “omong doang”. Contohnya, sesuai pernyataan Coach Akbar, “kita harus menyesuaikan usia audiens, pendekatan pada anak, remaja, dewasa muda, dan orang yang lebih tua akan beda semua. Satu pendekatan tidak akan sesuai dengan semua umur”.

Disini pula dibahas mengenai tips-tips sukses menjadi pembicara dan anti demam panggung. Beberapa tips utamanya adalah mengenai Latihan di depan cermin, jadi kita bisa identifikasi sendiri masalah yang dihadapi, termasuk “delay” saat berbicara serta mempersiapkan diri dalam jangka waktu yang cukup, terutama untuk mengenal medan saat berbicara.

“Acara ini bisa saya cukup baik. Pembicara menyampaikan dengan ringkas dan padat sehingga berbagai pertanyaan terus mengalir dari peserta. Hal ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari para peserta, terutama dalam upaya meningkatkan kemampuan pribadi dalam komunikasi guna mencapai kemajuan diri dalam berbagai aspek, khususnya dalam karir dan hubungan interpersonal dengan seluruh umat manusia,” pungkas Tungki.