Home Edukasi Sampoerna University Bangun Sistem Perpustakaan Digital Ramah Lingkungan

Sampoerna University Bangun Sistem Perpustakaan Digital Ramah Lingkungan

Di Dua Sekolah, Jakarta dan Cirebon

194
0
SHARE
Sampoerna University Bangun Sistem Perpustakaan Digital  Ramah Lingkungan

Keterangan Gambar : Penyerahan merchandise dari Surya Danusaputro Liman, Ph.D., Dekan Fakultas Teknik dan Teknologi Sampoerna University (kiri) kepada Drs. Kuslani, M.Si, Kepala Sekolah SMPN 174 Jakarta (kanan)

Jakarta, parahyangan-post,com- Sampoerna University kembali menghadirkan inovasi solutif untuk mendukung perkembangan SDM di sekolah. Kali ini, melalui Fakultas Teknik dan Teknologi meluncurkan sistem otomasi perpustakaan digital.

Uniknya, program ini berbasis ramah lingkungan.  Dengan mengaplikasikan energi terbarukan. Sistem perpustakaan digital ini  diluncurkan di dua sekolah binaan. Yaitu SMAN 6 Cirebon dan SMPN 174 Jakarta.

Dekan Fakultas Teknik dan Teknologi Sampoerna University Surya Danusaputro Liman, Ph.D,  mengatakan, program tersebut  merupakan bentuk komitmen sivitas akademika  universitas dalam pengabdian masyarakat.  

“Merupakan tanggung jawab kami untuk terus menghadirkan kegiatan inovatif demi kebaikan manusia dalam mewujudkan pelaksanaan nilai-nilai Tri Dharma Sampoerna University,” tutur Surya kepada pers, Kamis 5/1.

Dengan adanya sistem otomasi perpustakaan ini, lanjut Surya, pihaknya berharap dapat  meningkatkan SDM pengelolaan perpustakaan sekolah serta mampu memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik.

Diakatakan Surya, perpustakaan digital yang diterapkan di dua ini menggunakan energi terbarukan dari panel surya, sehingga tidak membebani listrik PLN. Panel surya dipasang di atap gedung sekolah sehingga dapat menghasilkan listrik yang dibutuhkan oleh mesin server. Listrik yang dihasilkan kemudian disimpan dalam baterai Li-ion yang dapat diisi ulang, sehingga mendukung pengoperasian teknologi mikrokomputer untuk perpustakaan.

Selain membangun sistem otomasi perpustakaan, tambah Surya, pengembangan dan pemberdayaan SDM juga menjadi salah satu kegiatan bersama Sampoerna University dan sekolah binaan.

Di SMAN 6 Cirebon, sejumlah guru juga dibekali  dengan kegiatan seminar bertajuk "Pendidikan Pengenalan Dunia Insinyur Dan Teknologi Pada Aplikasi Energi Baru dan Terbarukan" dan "Belajar Fisika Dan Matematika Melalui Simulasi Web"

Sementara para guru, pustakawan, dan siswa di SMPN 174 Jakarta juga mendapatkan pengetahuan dan pelatihan melalui seminar dengan topik “Netiquette, Drone Technology, Renewable Energy, Education in Industrial Revolution 4.0, terang Surya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 6 Kota Cirebon Bidang Humas Endah Tresia Sudarman, S.Pd., mengatakan, sistem perpustakaan digital tersebut akan membuat proses pengolahan data menjadi lebih cepat dan mudah.

“Jadi sangat membantu kami dalam menghadirkan pelayanan yang semakin efisien nantinya,” ungkap Endah..

Dijelaskan Endah,  fitur yang tersedia dalam perpustakaan digital tersebut  diantaranya, sistem pengarsipan elektronik untuk pengelolaan koleksi perpustakaan, monitor peminjaman dan pengembalian buku, Online Public Access Catalog (OPAC), dan manajemen keanggotaan perpustakaan. Fitur-fitur tersebut membantu mengotomasi semua aktivitas perpustakaan sekolah, sehingga warga sekolah dapat secara efektif dan efisien mencatat jumlah buku di perpustakaan, berapa banyak buku yang dikembalikan, dan hal-hal lain yang dulu memakan banyak waktu dan tenaga.

Sambutan hangat juga disampaikan  Kepala Sekolah SMPN 174 Jakarta Drs. Kuslani, M.Si “Kami sangat senang karena program pengembangan sistem otomasi perpustakaan ini bertujuan untuk mempermudah integrasi perpustakaan kami yang sebelumnya masih menggunakan sistem manual. Sehingga, adanya sistem otomasi perpustakaan ini membuat kegiatan pengolahan, pengadaan, pelayanan sirkulasi dan administrasi perpustakaan dilakukan lebih efektif dan efisien,”ungkapnya.*** (IL pp/RLS)