Home Edukasi Sakinah Finance Latih Tunanetra Melek Keuangan Syariah

Sakinah Finance Latih Tunanetra Melek Keuangan Syariah

1,047
0
SHARE
Sakinah Finance Latih Tunanetra Melek Keuangan Syariah

Bogor, parahyangan-post.com- Sakinah Finance memberikan literasi keuangan berupa pelatihan bekerja di sektor perbankan syariah dan asuransi syariah bagi penyandang disabilitas tunanetra di ruang pelatihan Sakinah Finance di Bogor, 16 September 2023.

Pelatihan ini turut dihadiri oleh Mohd Amin bin Hj Karim (Jawatan Pegawai Kanan, Pengurusan Muzakki, Lembaga Zakat Selangor, Malaysia) dan Hazamzaem Husin (Dosen Multimedia Universiti, Malaysia) serta dua anggota delegasi Haziman bin Husin dan Mohd Nasir bin Said. Selain itu, mereka juga antusias mengunjungi Komunitas Disabilitas Ramah Cereblar Palsy (RPC) di Kota Bogor yang dikenal sebagai tempat terapi penderita lumpuh otak.
 
Acara literasi keuangan ini dihadiri oleh puluhan tunanetra mulai dari jenjang SMA sampai perguruan tinggi yang datang dengan saudara atau orang tuanya.

"Bekerja di bidang lembaga keuangan tidaklah mudah, perlu kesabaran dan semangat pantang menyerah" kata Restiawati Pendiri Kopi Netra yang bercerita tentang pengalamannya sebagai Staf Call Center Perbankan. Restiawati adalah salah satu anggota Program Sejuta Literasi dan Ta’awun Disabilitas Sakinah Finance.

Trainer kedua adalah M. Hafiluddin, Direktur Kepatuhan PT Asuransi Syariah Keluarga Indonesia (ASYKI) yang menyampaikan peluang kerja di bidang asuransi syariah bagi penyandang disabilitas. Dia mengatakan bahwa keterbatasan fisik jangan mematahkan semangat untuk berkarya, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk meraih cita-citanya. Terlihat peserta disabilitas tunanetra sangat antusias dan juga penuh semangat ketika mendengarkan penyampaian dari M. Hafiluddin dan Restiawati dan berharap dapat memulai karir di sektor perbankan syariah maupun asuransi syariah. Sesi tersebut juga membuat beberapa role play untuk menambah pemahaman peserta.

Bulan lalu, Sakinah Finance juga telah mengadakan pelatihan jasa make-up artis yang didampingi oleh Dhea Tania dan membuat usaha kopi yang dilatih oleh Tri Erwinsyah, Co-Founder Kopi Tuli dengan pesertanya dari komunitas disabilitas tuli dan mental*** (aboe/pp/rilis)