Home Siaran Pers PROJECT INSPIRE MENGUMUMKAN PARA SEMI-FINALIS

PROJECT INSPIRE MENGUMUMKAN PARA SEMI-FINALIS

1,218
0
SHARE

20 wirausahawan sosial, termasuk dari Indonesia, yang mengangkat isu mengenai keselamatan perempuan di Asia Pasifik telah dipilih untuk sesi penggalangan dana dalam kompetisi kewirausahaan sosial yang telah memenangkan banyak penghargaan, Project Inspire.

 

JAKARTA, 17 Oktober, 2016: Komite Wanita Nasional Singapura PBB (Singapore Committee for UN Women) dan Mastercard telah mengumumkan peringkat 20 teratas dari wirausahawan sosial yang telah mengangkat isu hak-hak wanita di Asia Pasifik, dimana pencarian terhadap para pengusaha tersebut telah dimulai pada awal tahun ini sebagai bagian dari Project Inspire – sebuah kompetisi kewirausahaan pemuda global – yang telah dilaksanakan untuk ke-enam kalinya. Tahun ini, penyelenggara acara berupaya untuk mencari para pengusaha yang melakukan pemberdayaan wanita dan anak perempuan melalui isu keselamatan dan keamanan. Tema ini datang ketika hak-hak wanita di seluruh dunia berada pada titik balik yang penting. Para pengusaha yang bekerja untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan bagi para wanita dan anak perempuan melalui partisipasi ekonomi, inklusi keuangan, peningkatan akses untuk kesehatan dan sanitasi, teknologi serta program pendidikan, merupakan mereka yang memenuhi kualifikasi untuk tantangan pada tahun ini.

Kompetisi tahun ini menerima lebih dari 270 aplikasi dari seluruh wilayah, dan dari aplikasi tersebut telah dipilih 20 inovator sosial untuk maju ke tahap semi-final, dimana mereka akan berpartisipasi dalam kampanye penggalangan dana internasional (international crowdfunding campaign), yang didukung oleh mitra resmi untuk penggalangan dana, yakni Impact Guru. Project yang berhasil mengumpulkan paling banyak pendukung untuk kampanye penggalangan dana mereka akan masuk sebagai finalis dari kompetisi tersebut serta mengamankan penghargaan untuk People’s Choice yang kemudian akan mendapat kesempatan untuk menyampaikan ide mereka di Singapura pada bulan November. Penggalangan dana akan dimulai pada 26 September 2016 hingga 26 Oktober 2016 di https://projectinspire.impactguru.com.


Trina Liang-Lin, President, Komite Wanita Nasional Singapura PBB mengatakan, “Kami melihat platform digital merupakan sebuah cara untuk mendorong inovasi sosial, dan sesi penggalangan dana dapat menarik para pendukung potensial untuk bertindak dan terlibat dalam keberhasilan project ini. Kami berharap dapat terus bekerja sama dengan Impact Guru untuk meningkatkan jangkauan dan publikasi dari 20 ide-ide luar biasa dari para semi-finalis Project Inspire yang tengah memberdayakan para wanita dan anak perempuan di Asia Pasifik." 

Georgette Tan, senior vice president, Communications, Asia Pacific, Mastercard mengatakan, “Mastercard berkomitmen untuk senantiasa membangun lingkungan sosial yang lebih aman dan lebih inklusif bagi para wanita dan anak perempuan. Sebagai sebuah perusahaan teknologi, kami memahami nilai dari platform digital yang dapat membantu dalam memperkuat ide-ide serta mendorong dukungan untuk isu-isu sosial. Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan organisasi yang memiliki pemikiran yang sama dengan kami, seperti Komite Wanita Nasional Singapura PBB dan Impact Guru, untuk bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih baik bagi orang-orang di wilayah ini." 

Juru bicara Impact Guru, Piyush Jain, Co-Founder dan CEO mengatakan, “Kami sangat senang dapat bermitra dengan Komite Wanita Nasional Singapura PBB dan Mastercard untuk membantu pengumpulan dana agar bisa menciptakan sebuah dunia yang lebih aman bagi para wanita dan anak perempuan di seluruh wilayah Asia dan Pasifik. Kolaborasi ini memperlihatkan jangkauan dan dampak dari pekerjaan yang telah kami kerjakan sejauh ini dengan memanfaatkan kehadiran serta track record kami yang kuat di India dan Asia Tenggara."

10 finalis akan mengikuti sidang di Singapura pada bulan November 2016 untuk sebuah bootcamp selama seminggu penuh untuk mengikuti bimbingan dan pelatihan, yang akan berpuncak pada Grand Final pada tanggal 24 November 2016, dimana mereka akan mempresentasikan secara langsung ide mereka kepada masyarakat umum, para organisasi pendukung serta panel juri dan pakar industri. Finalis diberikan kesempatan untuk memenangkan Grand Prize dari Mastercard sebesar US$25,000 dan sebuah penghargaan Inklusi Keuangan sebesar US$10,000 dari Mazars dan Mastercard.

Project Inspire didirikan oleh Komite Wanita Nasional Singapura PBB dan Mastercard.
Knowledge Partner, INSEAD dan Mitra Strategis, Bain & Company telah menjadi pendukung jangka panjang dari inisiatif ini. Mazars bergabung dengan kompetisi ini pada tahun 2016, untuk memberikan dukungan dalam pemberdayaan perempuan dan kewirausahaan sosial. Tahun ini, Project Inspire juga menyambut kembali Mitra Program, Independent Project Analysis, Mitra Program yang baru, Own Your Brilliance, dan Mitra Pengumpulan Dana (Crowdfunding), Impact Guru.

Komite Wanita Nasional Singapura PBB dan Mastercard Mempersembahkan
Semi-Finalis Project Inspire: 5 Minutes to Change the World 2016
Nama Organisasi:
Little Sisters Fund, Inc.
Nama Project: Education Support for Disadvantaged Girls
Lokasi Project: Nepal
Tentang: Membantu anak perempuan dan remaja yang kurang mampu dan terpinggirkan di Nepal dengan menawarkan skema beasiswa yang berdampak secara efektif pada penundaan pernikahaan dini.  

Nama Organisasi: A New Vision Limited
Nama Project: Women’s Right to Sight
Lokasi Project: Indonesia
Tentang: Project ini ingin mengembalikan pandangan kepada perempuan yang berkebutuhan khusus (tuna netra) di Indonesia sehingga mereka bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan mandiri, dan juga untuk mendidik perempuan yang bekerja maupun yang akan bekerja di komunitas pelayanan kesehatan terutama untuk perawatan mata.

Nama Organisasi: Hope Kolkata Foundation
Nama Project: Transforming Lives of Vulnerable and At-Risk Girls and Women
Lokasi Project: India
Tentang: Melalui project mereka, mereka ingin mengurangi jumlah ibu yang rentan dan anak perempuan di jalanan Kolkata dengan menyediakan perlindungan yang melayani kesehatan fisik, psikologis, dan sosial mereka melalui pengiriman perawatan berdasarkan kebutuhan mereka secara langsung. 

Nama Organisasi: Generation 414
Nama Project: Be Her Change
Lokasi Project: Thailand
Tentang: Mereka ingin memberikan alternatif ekonomi dan pengembangan kepemimpinan, kesempatan pendidikan, tempat penampungan darurat, rehabilitasi, perawatan anak dan kebutuhan dasar untuk korban perdagangan dan prostitusi nasional maupun internasional.  

Nama Organisasi: Apne Aap Women's Collective
Nama Project: Preventing Inter-Generational Cycle of Prostitution
Lokasi Project: India
Tentang: AAWC ingin memecahkan prostitusi generasi kedua di antara anak-anak perempuan dari wanita dalam prostitusi berbasis rumah bordil melalui intervensi dini, dan membantu para anak perempuan untuk memilih profesi yang lebih optimis dan berarti untuk masa depan yang lebih aman.

Nama Organisasi: Silver Oaks Schools & College
Nama Project: Challenging Gender Discrimination through Education
Lokasi Project: Pakistan
Tentang: Untuk mengatasi pola pikir patriarkal masyarakat Pakistan yang melakukan kekerasan terhadap perempuan, proyek mereka bertujuan untuk mengatasi akar penyebab dengan melatih guru wanita untuk mendidik anak perempuan dan rekan-rekan mereka di tahun-tahun formatif mereka pada kesetaraan gender berdasarkan nilai-nilai kehormatan dan keadilan. 

Nama Organisasi: Days for Girls
Nama Project: Mindanao Micro-Enterprise
Lokasi Project: Philippines
Tentang: Days for Girls Mindanao Filipina ingin meluncurkan micro-enterprise di Mindanao yang mendistribusikan peralatan menstruasi yang higienis, ramah lingkungan, dan washable, memberikan pendidikan kesehatan reproduksi yang komprehensif untuk anak-anak perempuan yang kurang mampu, dan memperkerjakan para tenaga kerja wanita lokal untuk menjalankan usaha mikro.

Nama Organisasi: Colorss Foundation
Nama Project: Mission 1000
Lokasi Project: India
Tentang: Ingin memberdayakan 1000 perempuan yang kurang mampu dengan melatih dan melengkapi mereka dengan keterampilan bela diri. 

Nama Organisasi: Giving It Back to Kids
Nama Project: Empowering Single Moms
Lokasi Project: Vietnam
Tentang: Project ini ingin meluncurkan sebuah program untuk single mother di Vietnam dengan menyediakan sebuah tempat yang aman untuk tinggal dengan perawatan yang tepat, gizi yang baik, dukungan kesehatan serta emosional dan pelatihan keuangan bagi para wanita muda yang hamil dan bayi mereka.

Nama Organisasi: CoDesign Studio
Nama Project: Street by Street
Lokasi Project: Australia
Tentang: Project ini adalah sebuah kurikulum dan program pelatihan yang memobilisasi wanita lokal untuk memimpin proyek-proyek perbaikan ruang publik di lingkungan mereka. Ruang yang ditingkatkan akan membuat lingkungan lebih aman dan lebih inklusif bagi para wanita. 

Nama Organisasi: Village Volunteers
Nama Project: MUKTI  
Lokasi Project: India
Tentang: Project ini menjalankan sebuah perusahaan pembalut biodegradable yang akan memberdayakan perempuan rentan yang pernah menjalani kehidupan pelecehan, baik yang diperdagangkan atau lahir dalam prostitusi antar-generasi, dengan memperkerjakan mereka. 

Nama Organisasi: RAW 2014 Limited
Nama Project: RAW Entrepreneurship Model
Lokasi Project: New Zealand
Tentang: Project mereka ingin memberdayakan para wanita yang telah dibebaskan dari penjara dengan melengkapi mereka dengan keterampilan bisnis yang memungkinkan mereka untuk mengejar kehidupan finansial dan mata pencaharian yang mandiri.

Nama Organisasi: CareNx Innovations Pvt Ltd
Nama Project: Care Mother Pregnancy Care
Lokasi Project: India
Tentang: Melalui program mereka, perawatan antenatal yang efektif dan akses kesehatan yang lebih baik untuk wanita hamil yang tinggal di desa-desa selama 0-9 bulan kehamilan akan disediakan dengan memanfaatkan teknologi ponsel.

Nama Organisasi: The Global Women's Project Limited
Nama Project: Women Get Mobile
Lokasi Project: Nepal
Tentang: Project ini menyediakan program pelatihan keterampilan yang meningkatkan ekonomi perempuan dengan mengajarkan mereka untuk memperbaiki ponsel dan mendukung mereka untuk menggunakan keterampilan baru dalam menghasilkan pendapatan bagi diri mereka sendiri dan keluarga.

Nama Organisasi: Hue Help
Nama Project: Swimming for Safety
Lokasi Project: Vietnam
Tentang: Project ini ingin melatih anak perempuan untuk bertahan hidup dengan keterampilan berenang melalui instruktur renang profesional. Dikarenakan tenggelam adalah penyebab utama kematian anak di Vietnam, maka dengan menyediakan keterampilan yang diperlukan agar anak perempuan tetap aman di sekitar air dapat mengurangi risiko tenggelam.

Nama Organisasi: Humanitarian Organization For Migration Economics (HOME)
Nama Project: Leaders Amongst Us
Lokasi Project: Singapore
Tentang: Melalui project ini, para perempuan yang bekerja sebagai pekerja rumah tangga asing di Singapura akan menjalani 40 minggu pelatihan untuk menjadi para-counsellors, memastikan komunikasi yang terbuka, kesehatan mental dan emosional, kerja yang aman, serta mengurangi risiko penyalahgunaan yang merugikan diri.

Nama Organisasi: Sport and Leadership Training Academy (SALT Academy)
Nama Project: Mighty Girls
Lokasi Project: Cambodia
Tentang: Mighty Girls program memilih gadis berusia 12 sampai 18 dari komunitas pedesaan di wilayah Barat Laut Kamboja yang beresiko dengan perdagangan manusia, pernikahan dini atau dari putus sekolah dengan menunjukkan keterampilan sepak bola yang menjanjikan, untuk menyediakan mereka dengan berlindung yang aman, kualitas pendidikan dan pelatihan sepak bola.

Nama Organisasi: Centro de Cuidado a Criança - Casa Vida
Nama Project: House of Life Training Center
Lokasi Project: Timor-Leste (East Timor)
Tentang: Project ini menyediakan tempat penampungan untuk korban perempuan muda dari kekerasan dan pelecehan seksual, dan memberdayakan mereka dengan memberikan pelatihan profesional di bidang perhotelan dan rumah tangga. 

Nama Organisasi: URJA Trust
Nama Project: SOCH - Journey with Homeless Young Women
Lokasi Project: India
Tentang: Project ini akan menjalankan holistic intervensi/penampungan terpisah bagi perempuan muda yang kehilangan tempat tinggal dan menderita trauma. Hal ini juga ingin melatih para perempuan untuk memperoleh keterampilan dan melatih mereka untuk mandiri dan siap terjun ke dunia kerja.

Nama Organisasi: Mukti Energy Pokhara Pvt. Ltd
Nama Project: Income Generation with Solar Food Dryers
Lokasi Project: Nepal
Tentang: Project ini memberikan jasa penyewaan untuk pengering makanan tenaga surya untuk wanita yang membutuhkan makanan dan keamanan ekonomi, serta melengkapi mereka dengan keterampilan bisnis dan pemasaran dalam memproduksi dan menjual buah-buahan kering.

 

 

- - END - -

 

Untuk pertanyaan media dapat menghubungi: media@5minutestochangetheworld.org

 

Tentang Project Inspire

Sebuah inisiatif bersama antara Komite Wanita Nasional Singapura PBB dan Mastercard, Project Inspire merupakan sebuah kompetisi bagi para wirausahawan sosial muda untuk mempresentasikan ide-ide inspiratif mereka untuk memberdayakan para wanita dan anak perempuan di Asia Pasifik. Dua puluh semi-finalis akan dipilih untuk melewati tahap pengumpulan dana, dengan hingga sepuluh finalis akan memenangkan seluruh biaya pengeluaran perjalanan ke Singapura pada bulan November 2016 untuk mengikuti Grand Final. Para finalis juga akan menerima boot-camp eksklusif, sesi mentoring, dan kesempatan untuk mendapatkan anugerah serta hadiah. #ProjInspire


www.projinspire.com - www.facebook.com/projinspire - www.twitter.com/proj_inspire