Home Nusantara Program CSR PT JIEP Tidak Mengalir ke Warga Jatinegara

Program CSR PT JIEP Tidak Mengalir ke Warga Jatinegara

338
0
SHARE
Program CSR PT JIEP Tidak Mengalir ke Warga Jatinegara

DPRD DKI Jakarta janji kawal program CSR

JAKARTA (Parahyanganpost.com) - PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP). Keluhan warga Jatinegara diterima langsung oleh Judistira Hermawan perihal kelangkaan bantuan dari perusahaan BUMN pengembang dan pengelola Kawasan Industri Pulogadung ini. 

Keberadaan PT JIEP sendiri berdiri bersentuhan langsung dengan pemukiman warga Jatinegara. Namun, warga sangat menyesalkan kepekaan PT JIEP terhadap bantuan sosial tak kunjung dirasakan dalam bentuk program corporate social responsbility (CSR). 

" Jadi ini saya rasa perlu perhatian dari JIEP yang memang berbatasan langsung di Kelurahan Jatinegara dan Rawateratai. Bagaimana keberadaan mereka ini bisa memberikan manfaat luas bagi masyarakat. Yang pertama, tenaga kerja dan kemudian bantuan-bantuan dalam bentuk CSR," tegas Judistira di Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (13/3/2021). 

Terlebih, masa pandemi COVID-19 maupun bencana kebakaran warga Jatinegara Kecamatan Cakung Jakarta Timur sulit mengakses CSR ke PT JIEP meskipun telah melayangkan surat proposal. 

Lebih lanjut, Judistira menyarankan, kedepannya bila warga Jatinegara mengajukan permohonan ke PT JIEP surat tersebut segera ditembuskan ke dirinya dan melibatkan Lurah Jatinegara. 

Sejumlah proposal untuk kegiatan-kegiatan di lingkungan Jatinegara pun sudah sering dilayangkan, namun hingga sekian lama belum mendapatkan informasi dan respon dari PT JIEP. Kehadiran anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Golkar disempatkan oleh warga tak lain menyerap aduan CSR perusahaan di Kawasan Industri Pulogadung. 

" Kedepan saya bersama Pak Lurah memiliki komitmen untuk mengawal apa-apa saja yang menjadi kebutuhan, semua kegiatan-kegiatan dari warga Kelurahan Jatinegara untuk meminta bantuan dalam bentuk CSR," kata Judistira. 

Disamping itu, keterbatasan CSR untuk kepentingan warga Jatinegara diibaratkan Ketua LMK RW 08 anak ayam mati dilumbung padi. Untuk memperoleh CSR di PT JIEP dinilai warga cukup sulit ditembus. 

Oleh karenanya, Ansori mengharapkan anggota DPR DKI Jakarta Dapil IV di Kecamatan Cakung Jakarta Timur dapat menjembatani permasalahan CSR ini. Bahkan, limbah perusahaan yang berada di Kawasan Industri Pulogadung mengalir ke saluran air warga. 

" Kita mati dilumbung padi PT JIEP tidak pernah memberikan CSR ke lingkungan. Banyak limbah ke (mengalir) lingkungan, kami kita berharap minta petunjuk dari pak Dewan," jelas LMK Kelurahan Jatinegara.

(didi/pp)