Home Nusantara Pranaraksa Center Diresmikan di Jatinegara

Pranaraksa Center Diresmikan di Jatinegara

142
0
SHARE
Pranaraksa Center Diresmikan di Jatinegara

JAKARTA [ www.parahyangan-post.com ] - Pranaraksa Center resmi didirikan di Jalan Radjiman RT 014 RW 012 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Sejumlah tanaman langka diberikan secara cuma-cuma oleh perusahaan swasta dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR).

Puguh Sasetyo selaku SRGS Division Head PT Pamapersada Nusantara serta PT Astra Internasional dilokasi Pranaraksa Center menyerahkan sejumlah bibit tanaman. Dalam kesempatan tersebut, Puguh tidak ingin generasi muda tidak mengetahui berbagai jenis nama-nama tanaman buah-buahan. 

" Harapannya RW 012 ini jadi pusat tanaman langka. Jangan sampai anak-anak kita tidak tahu, kami titipkan agar semua ini kita tanam untuk dijaga. Ini harapannya sudah saya sampaikan agar anak cucu kita bisa melihat," kata SRGS Division Head PT Pamapersada Nusantara, Jum'at (9/4/2021). 

Kemudian, Puguh menjelaskan arti dari sebutan Pranaraksa. Kata dia, dihadapan warga Jatinegara tak lain arti dari Pranaraksa yakni sebagai pelindung kehidupan. Dengan melakukan penanaman secara simbolis di area Pranaraksa Center  dengan tujuan agar masyarakat mengetahui berbagai jenis tanaman buah yang dianggap langka. 

Peresmian Pranaraksa Center disaksikan langsung oleh Achmad Salahuddin selaku Camat Cakung, Slamet Sihabudin sebagai Lurah Jatinegara, Irianto berkedudukan sebagai Ketua RW 012 serta seluruh pengurus RT dan stakeholder lainnya di Jatinegara. 

" Jadi arti dari Pranaraksa adalah kehidupan jadi harus kita jaga. Seperti yang disebutkan oleh Pak Wiyoko dari Astra ada beberapa tanaman yang banyak punah jangan sampai anak-anak kita tidak tahu pohon jambu," ungkapnya. 

Adapun berbagai jenis tanaman buah yang hendak ditanam pada saat itu seperti bibit sukun, jeruk, belimbing wuluh, jamblang, sempur dan beberapa jenis tanaman buah lainnya. PT Pamapersada Nusantara sendiri pun telah mengembangkan tanaman buah langka diberbagai tempat di Indonesia. 

Perlu diketahui, bibit tanaman yang hendak dititipkan oleh perusahaan swasta ini berasal dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Cibinong, Bogor, Jawa Barat yang merupakan konservasi atau pelestarian buah langka yang dilakukan perusahaan Grup Astra.

(didi/pp)