Home Seni Budaya Peringati Hatedu SAMI Selenggarakan Barikan

Peringati Hatedu SAMI Selenggarakan Barikan

Meimura: Menghidupkan Tradisi yang sudah hilang

207
0
SHARE
Peringati Hatedu  SAMI Selenggarakan Barikan

Keterangan Gambar : Pimpinan SAMI, budayaan kondang Surabaya, Meimura. (foto ist)

Peringati Hatedu, SAMI Selenggarakan Barikan

Meimura: Menghidupkan Tradisi yang sudah hilang

Surabaya, parahyangan-post.com Dalam rangka memperingati Hari Teater Dunia (Hatedu), yang jatuh pada tanggal 27-28 Maret 2021, Sanggar Anak Merdeka Indonesia (SAMI) akan menyelenggarakan barik-an.

Barik-an adalah tradisi kenduri mauludan dan tirakatan malam menyongsong HUT Kemerdekaan RI setiap 17 Agustus, di Surabaya di masa lalu yang sudah punah. Dalam barik-an, masing-masing pesertanya membawa makanan sendiri-sendiri. Disajikan dalam cobek atau tampah.  Para peserta barik-an akan saling tukar makanan dan makan bersama di tempat. Berdoa bersama, bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sementara kalau ada  kelebihan makanan akan dibawa pulang kerumah masing masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Pimpinan SAMI budayawan kondang Surabaya, Meimura dalam rilis yang diterima parahyangan-post.com, Senin 15/3.

“Tradisi barik-an itu akan kita gelar pada peringatan Hatedu pada tanggal 27-28 Maret 2021, di SAMI yang berlokasi di Kampung Perumahan, Gunung Anyar Emas XV, Blok G, No. 15, Surabaya,” tutur Meimura.          

Lebih lanjut Maimura mengatakan, dalam kontek pendekatan barik-an itu,  perayaan Hatedu  dikemas dalam tajuk “On Stage Festival”   dengan tema Ritus Pandemi. Diselenggarakan oleh Sanggar Anak Merdeka Indonesia. Tujuannya adalah untuk saling berbagi pemikiran, karya, berdoa bersama, setelah setahun,  dunia,  termasuk seniman dilanda Pagebluk. 

“Selain itu juga  sebagai penyemangat, tanda, bangkitnya kembali seniman-seniman Surabaya, Jatim,dan seniman Indonesia pada umumnya,” tambah Meimura.            

Menurut Meimura, seniman yang sudah memastikan hadir, diantaranya 1. Tri Broto Wibisono, 2.  Dody Tobong,  3.Welly Suryandoko, 4. Ki Ompong Sudarsono, 5.Imam Besar Pelawak. M. Chengho Jadi Galajabo,  6. Desemba Sagita, 7. Galuh Tulus Utama,  8. Suprapty Nugraeny, 9.Dodi Bomantoro, 10.Winarto Ekram, 11.Tohir Jokasmo, 12. Agus Renggo, 13.Agus Sigro, 14. Mugix Adan, mr Jac, 15. Arul Lamandau. 16.Sugeng Sembur. 17. Seno Bagaskoro, tokoh Millineal Sbya akan tampil spesial dg tema" Pemuda dan Kesenian". 18. Teater teater dri UIN Sunan Ampel Surabaya. 19. Teater Ragil Surabaya, 20.Sanggar Anak Merdeka. 21.Syarif Wajah Bae, Cs.

Meimura mengundang seniman lain, baik yang berdomisili di Surabaya atau pun di daerah lain untuk ikut hadir bersama-sama merayakannya.*** (aboe/pp)