Home Agama Peringatan Nuzulul Quran KKG PAI Kecamatan Makasar Jakarta Timur

Peringatan Nuzulul Quran KKG PAI Kecamatan Makasar Jakarta Timur

Dilakukan Secara Virtual

66
0
SHARE
Peringatan Nuzulul Quran KKG PAI Kecamatan Makasar Jakarta Timur

Peringatan Nuzulul Quran KKG PAI Kecamatan Makasar Jakarta Timur

Dilakukan Secara Virtual

 

Jakarta, parahyangan-post.com-Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam ( KKG PAI) Kecamatan Makasar, Jakarta Timur mengadakan peringatan  Nuzulul Quran secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, Jumat, 18 Ramadhan 1442 /30 April 2021 M.

Ketua Pelaksana kegiatan Ust Shandy yang juga Ketua Binaan IV KKG PAI Kecamatan Makasar, mengatakan dirinya sangat bersyukur  pengurus KKG PAI Kecamatan Makasar bisa melaksanakan peringatan Nuzulul Quran secara virtual. Dia yakin cara peringatan seperti ini  tidak mengurangi momentum Nuzulul Quran.

 Di Forum Zoom Meeting ini juga tampak hadir K3S Kecamatan Makasar Alim, Suyono dan para guru PAI binaan Kecamatan Makasar.

Sementara itu, Ketua KKG PAI Kecamatan Makasar Ust Juwahir, S.Pd.I  mengatakan Malam Nuzulul Quran menjadi salah satu momentum berharga yang terjadi di bulan Ramadan.

“Oleh karena itu kami dari pengurus KKG PAI Kecamatan Makasar memperingati kegiatan ini, meski masih dalam keadaan pandemi covid-19. Ssemoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa lakukan kegiatan secara tatap muka,” harapnya.

Sedangkan  Alim Suyono mengatakan  sangat mendukung apa yang telah di lakukan oleh pengurus KKG PAI Kecamatan Makasar yang diketuai oleh Ust Juwahir.

“Semoga apa yang telah di lakukan ini mendapatkan barokah dari Allah SWT,” harapnya.

 

Mencapai Kebenaran

 

Dalam tausiah Nuzulul Quran oleh Ust Mahmudin Ali yang juga wakil ketua KKG PAI Kecamatan Makasar, mengatakan bulan Ramadhan ini adalah hadiah dari Allah untuk kita selaku umat nabi Muhammad SAW, dan di dalam bulan Ramadhan ada Nuzulul Quran yang merujuk pada peristiwa diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril.

Nuzulul Quran diperingati setiap tanggal 17 Ramadan. Arti nuzulul quran adalah adalah proses turunnya Alquran dari tempat yang tinggi ke muka bumi. Nabi Muhammad SAW menerima Alquran atau wahyu pertama di Gua Hira.

Nuzulul quran berasal dari kata nuzul dan Alquran. Kata nuzul secara harfiah berarti menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sedangkan quran merupakan Alquran, kitab suci umat Islam.

“Jika digabungkan, arti nuzulul quran adalah proses turunnya Alquran dari tempat yang tinggi ke muka bumi. Secara lengkap, nuzulul quran adalah peristiwa turunnya Alquran dari Allah SWT melalui perantara malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW di muka bumi,” terangnya.

Dikatakan, Nuzulul Quran juga dapat diartikan sebagai penyampaian informasi atau wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia untuk mencapai kebenaran.

“Alquran pertama kali diturunkan di Gua Hira’ pada 17 Ramadan. Momen inilah yang kini diperingati sebagai peristiwa nuzulul quran,” tutupnya.*** (WIDI)