Home Polkam Menteri SYL Muncul Pada Capres Pilihan Rakyat Versi SMRC

Menteri SYL Muncul Pada Capres Pilihan Rakyat Versi SMRC

86
0
SHARE
Menteri SYL Muncul Pada Capres Pilihan Rakyat Versi SMRC

JAKARTA - Parahyangan Post - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis survei Capres 2024 pilihan rakyat. Dalam survei ini, SMRC melakukan pengujian dengan metode simulasi pertanyaan spontan terbuka di semua level. Hasilnya, nama Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto masuk tiga besar yang disebut top of mind.

Namun deretan lainya, muncul nama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebagai sosok pilihan tepat yang dipercaya mampu memimpin bangsa. Bahkan dalam urutannya, Gubernur Sulsel dua periode ini berada di atas Ustadz Abdul Somad, Habib Rizieq Shihab, Megawati dan nama baru Agus Harimurti Yudhoyono.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, menyampaikan Presiden Joko Widodo juga masih disebut dalam survei terbuka ini. Meskipun begitu, kontestasi politik tahun ini masih didominasi Ganjar dengan hasil 14,2 persen, diikuti Prabowo Subianto 13,2 persen, Joko Widodo 8,2 persen, dan Anies Baswedan 8,2 persen. 

" Nama Pak Jokowi masih disebut karena ini simulasi terbuka," ujar Deni, Kamis, (9/6/ 2022).

Menurut Deni, nama Ganjar mengalami peningkatan elektabilitas yang cukup besar sejak panggung politik mulai menghangat. Padahal tahun lalu, elektabilitas Ganjar hanya 6,1 persen, Prabowo 13,4 persen, dan Anies 5,4 persen. Lalu pada  Mei 2022, elektabilitas Ganjar menyalip Prabowo dan jauh meninggalkan Anies.

Selanjutnya, SMRC juga menggelar simulasi penentuan 42 nama tokoh partai politik, ketua partai politik, dan nama yang banyak disebut di media massa untuk dipilih sebagai capres. Hasilnya, Ganjar Pranowo konsisten di urutan teratas dengan 22,5 persen.

" Ganjar unggul signifikan dengan calon lain seperti Prabowo 17,5 persen, Anies 13,2 persen dan nama-nama lain yang cukup jauh di bawah. Artinya, Ganjar Pranowo konsisten unggul, baik dalam simulasi banyak nama tadi," katanya.

Hasil survei yang sama juga terlihat pada Poltracking Indonesia yang menunjukkan ada tiga figur kuat capres 2024-2029, yaitu Ganjar, Prabowo, dan Anies Baswedan. Berdasarkan survei, elektabilitas Ganjar tertinggi, yaitu 30,6 persen. Kemudian, disusul Prabowo dengan elektabilitas 26,8 persen dan Anies dengan elektabilitas 19,8 persen.

"Hasil menunjukkan tiga figur inilah kandidat terkuat capres 2024 dengan angka elektabilitas yang kompetitif," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda di Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta Selatan.

(ratman/rd/pp)