Home Disaster LAUNCHING HARI KESIAPSIAGAAN BENCANA, SIAP UNTUK SELAMAT

LAUNCHING HARI KESIAPSIAGAAN BENCANA, SIAP UNTUK SELAMAT

953
0
SHARE
LAUNCHING HARI KESIAPSIAGAAN BENCANA, SIAP UNTUK SELAMAT

Keterangan Gambar : Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Lilik Kurniawan, didampingi Direktur Kesiapsiagaan, Eny Supartini dalam acara Launching Hari Kesiapsiagaan Bencana, Siap Untuk Selamat, Jumat (26/03/2021)

JAKARTA Parahyanganpost.com) - Acara launching Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2021 resmi dibuka pada Jumat (26/3) di Graha BNPB, Jakarta. Acara launching HKB turut dihadiri para peserta melalui ruang komunikasi digital. Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan membuka acara launching HKB secara simbolis dengan membunyikan kentongan. 

BNPB menginisiasi Hari Kesiapsiagaan Bencana dengan mengajak semua pihak meluangkan satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara seretak pada tanggal 26 April. Inisiasi dari BNPB menjadikan tanggal 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana  tersebut bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana. 

HKB ini juga merupakan ajakan bagi para masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana untuk mengetahui titik evakuasi yang ada. Setiap tempat perlu adanya titik evakuasi, akan lebih baik apabila titik evakuasi ditentukan oleh masyarakat itu sendiri. Hal ini menjadi penting, karena dalam keadaan darurat jalur evakuasi harus sudah ditentukan dan diketahui secara mudah. 

Kepala BNPB Doni Monardo menghimbau seluruh komponen masyarakat untuk ikut serta dalam HKB tahun 2021.  

"Saya menghimbau seluruh komponen masyarakat untuk ikut serta dan berpartisipasi aktif pada Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2021, bunyikan tanda secara serentak seperti kentongan, sirine dan lonceng pada tanggal 26 April 2021 pukul 10.00 waktu setempat." kata Doni. 

HKB tahun ini menggunakan slogan 'Siap Untuk Selamat' serta mengusung tema 'Latihan membuat kita selamat dari bencana' dengan empat hal yang perlu dilakukan antara lain mengenali ancaman bencana yang ada di sekitar, mengenali risiko bencana, mengetahui tempat evakuasi, dan pelatihan menghadapi bencana bersama keluarga. (*) 

(Sumber : Dr. Raditya Jati/Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB)