Home Husada Kowani Hadirkan dr Ming, Diskusi Santai Tentang Kesehatan Direngah Pandemi

Kowani Hadirkan dr Ming, Diskusi Santai Tentang Kesehatan Direngah Pandemi

105
0
SHARE
Kowani Hadirkan dr Ming, Diskusi Santai Tentang  Kesehatan Direngah Pandemi

JAKARTA (www.parahyangan-post com) - Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Dr Ir Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd saat memberikan kata pengantar, mengaku tidak mudah menghadirkan dr. Ming. Jadwalnya begitu padat selama berpraktik di negeri Paman Sam. Karena itu, harus membuat perjanjian terlebih dahulu untuk meyakinkan dengan dokter Ming.

“Saya pernah menjadi dokter Ming saat tinggal di Amerika Serikat untuk jangka waktu satu bulan. Saya baru mendapatkan jadwal konsultasi dua pekan kemudian setelah mendaftarkan diri. Dan, itu tergolong sangat cepat,” ungkap Giwo yang mengaku mendapat rekomendasi dari KBRI untuk diperoleh dengan dr. Ming.

Dikatakan, klinik dr. Ming referensi bagi banyak warga Amerika Serikat yang ingin memulai hidup sehat dengan cara yang tepat. Dokter lulusan Universitas Padjajaran ini menjadi salah satu dokter asal Indonesia yang sukses di Amerika Serikat.

Kowani pun menghadirkan dr. Ming Untuk berbagi ilmu tentang bagaimana menjaga kesehatan melalui pola atau gaya hidup sehat. Giwo mempersilakan para anggota Kowani produksi dengan dr. Ming.

“Jika sehari-hari kita sibuk dengan urusan program, urasan organisasi, hari ini kita mau sehat. Silakan ibu-ibu, tidak perlu terlalu serius, santai saja, sebagaimana nama acaranya obrolan santai,” kata Giwo.
Giwo mengingatkan sehat dengan cara yang benar-benar penting untuk setiap individu, terlebih di tengah pandemi seperti sekarang ini. Tetapi, untuk memiliki pola yang sehat, tidak banyak orang yang tahu caranya. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan oleh dokter.

dr. Ming membahas Trinitas Kesehatan. Makanan, olahraga dan pola tidur, sangat berpengaruh pada tingkat kesehatan seseorang. Ketiga kegiatan ini saling berkaitan.

Dokter Ming memaparkan, ada banyak alasan mengapa orang ingin sehat. Ada yang ingin tetap energik, tetap awet muda, tetap fit dan bebas dari rasa sakit, bisa mengerjakan aktivitas yang disukai, bermanfaat untuk orang lain, menikmati waktu dengan anak cucu alasan, tidak menikmati harta untuk pengobatan hingga ingin berpesiar keliling dunia menikmati ciptaan Tuhan.

Sayangnya, meski ingin sehat, tidak semua orang bisa mendapatkannya. Penyebabnya antara lain pola hidup yang tidak tepat. Salah satu contohnya dalam hal pemenuhan nutrisi. Kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat tidak dibarengi dengan cara yang tepat. Ini yang membuat cita-cita sehat tidak sesuai harapan.

Dalam hal pemenuhan kebutuhan nutrisi, misalnya, dr Ming mencatat setidaknya ada 10 kesalahan yang banyak dilakukan oleh sebagian besar kita. Di antaranya, tidak memperhatikan komposisi makanan, tidak mengonsumsi makanan yang cukup serat, mengonsumsi minuman berkalori, makan dalam waktu yang tidak tepat, diet terlalu ketat. Kadang-kadang banyak juga yang memberikan 'hadiah' pada diri sendiri dengan makanan berlebihan usai olahraga, dan lainnya oleh iklan makanan sehat, dan lainnya.

Selain makanan, yang tidak kalah penting adalah olahraga. namun, ia memberi catatan olahraga harus dilakukan secara rutin dan disesuaikan dengan kemampuan tubuh.

“Banyak kesalahan yang dilakukan oleh orang terkait olahraga ini. Misalnya saja olahraga berat tapi tidak aktif, fokus pada satu jenis olahraga saja, olah raga mati-matian tetapi tidak berkelanjutan dan olahraga hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan,” tambahnya.

Dokter Ming juga membahas tentang pentingnya tidur untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidur, menurut dr Ming pada dasarnya ada tiga jenis yakni tidur dalam, tidur ayam dan tidur bermimpi. Jenis-jenis tidur tersebut sangat dipengaruhi oleh aktivitas seseorang termasuk pikirannya.

Seseorang mengalami kesulitan tidur dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya sesuatu, sedang mengalami stres, terlalu banyak minum kopi atau minuman berkafein, gangguan ke toilet dan kondisi medis lainnya (sleep apnea, asma, refluks asam lambung dan lainnya).

Bagaimana agar bisa tidur dengan baik? Dokter Ming membocorkan rahasianya. Di antaranya, menghindari minum kopi di sore hari atau mengonsumsi kopi berlebihan, batasi juga durasi tidur siang, menerapkan jadwal tidur yang baik saat maupun saat hari kerja.

Dalam menanggapi kedatangan dr Ming, diam diam ada seorang dokter muda dari tanah rencong Aceh dr.Ulfa Zuryani ketika ngobrol dengan Parahyangan Pos bahwa dia salut dengan sosok wanita seperti ibu Giwo Rubianto yang dapat menghadirkan seorang tokoh dr Ming dari Amerika meski dengan ngobrol santai datang k Indonesia namun banyak memberi masukan soal kesehatan.

" Tolong mbak ya bila ketemu ibu Giwo sampaikan salam  santun saya, saya salut dan sangat ngefans pada beliau karena beliau banyak peduli dan banyak membantu wanita, anak, keluarga dalam kemajuan, kesejahteraan dan kesehatan." Terus terang saya selalu mengikuti kegiatan beliau lewat berbagai media dan saya ingin ketemu langsung siapa tahu saya banyak bisa menimba ilmu sosial yang dikaitkan dengan kesehatan.  

Hanya saja saat ini saya lagi sibuk membantu vaksin di puskesmas dan Rs Gayo. Alhamdulilah hampir semua masyarakat di daerah saya sekarang mau mengerti dan mau divaksin.pungkas ulfa yang ingin seperti ibu Giwo Kiprahnya hingga ke manca negara.

(Yuni/Rolla/PP)