Home Polkam Kazakhstan mengumumkan Amandemen Signifikan Terhadap Undang-Undang Pemilu

Kazakhstan mengumumkan Amandemen Signifikan Terhadap Undang-Undang Pemilu

89
0
SHARE
Kazakhstan mengumumkan Amandemen Signifikan Terhadap Undang-Undang Pemilu

Keterangan Gambar : Seorang anggota komisi pemilihan lokal yang mengenakan alat pelindung memeriksa daftar pemilih selama pemilihan parlemen di Almaty, Kazakhstan, 10 Januari 2021. - (Foto:ist/Reuters/pp)

Nur-Sultan [www.parahyangan-post.com] - Kazakhstan mengumumkan penandatanganan amandemen besar pada undang-undang pemilu di negara tersebut, seperti yang ditandatangani oleh Presiden Kassym-Jomart Tokayev pada hari Selasa (25 Mei 2021).

Menurut pakar politik, undang-undang baru yang antara lain mengatur sistem pemilihan walikota pedesaan, berfungsi sebagai langkah lebih lanjut untuk mengembangkan budaya sipil dan politik di negara tersebut.

Warga negara Kazakhstan yang berusia lebih dari 25 tahun dapat dicalonkan melalui partai politik atau secara independen. Pada paruh kedua tahun 2021, diperkirakan lebih dari 836 gubernur akan dipilih secara langsung.

Amandemen juga termasuk menurunkan ambang batas bagi partai-partai untuk memasuki parlemen dari 7 menjadi 5 persen dan mengembalikan opsi “tidak setuju” untuk memberikan suara pada semua tingkatan.

Pemerintah mengatakan amandemen undang-undang baru adalah bagian dari reformasi politik Presiden.

Yerlan Karin, Asisten Presiden, mengatakan bahwa undang-undang tersebut "dibahas secara menyeluruh dan komprehensif di berbagai tempat umum, dan di DPR dengan partisipasi para ahli dan aktivis sipil, perwakilan dari partai politik".

(rls/ant/pp)