Home Husada Kazakhstan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke India di tengah gelombang COVID-19

Kazakhstan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke India di tengah gelombang COVID-19

194
0
SHARE
Kazakhstan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke India di tengah gelombang COVID-19

Keterangan Gambar : Presiden Tokayev menginstruksikan pemerintah untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke India selama pertemuan dengan Perdana Menteri Askar Mamin pada 7 Mei. (sumber foto foto: Akorda Press).

NUR-SULTAN, [ www.parahyangan-post.com ] - Kazakhstan akan memberikan bantuan kemanusiaan khusus ke India di tengah gelombang baru infeksi COVID-19 di negara itu, menyebabkan kelebihan beban besar pada sistem perawatan kesehatan, Layanan Pers Presiden Kazakhstan melaporkan.

Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev memerintahkan Pemerintahnya untuk mengirimkan 6 juta masker medis, 400.000 respirator, 50.000 pakaian anti-wabah, dan 105 perangkat ventilasi paru buatan portabel buatan Kazakhstan. Keputusan ini diambil setelah pertemuan khusus dengan Perdana Menteri Askar Mamin pada 7 Mei. 

Pada tanggal 4 Mei, Tokayev menyampaikan pesan kepada Perdana Menteri India Narendra Modi untuk mengungkapkan "solidaritas yang mendalam dengan bangsa India atas lonjakan COVID-19 yang menghancurkan di negara mereka." 

Presiden mencatat bahwa Kazakhstan siap "untuk menyatukan upaya dengan teman-teman India kami untuk mengatasi penyebaran pandemi dan memberikan setiap bantuan yang mungkin dalam semangat persahabatan yang abadi dan saling mendukung di antara negara-negara kami". 

India melihat rekor kenaikan harian dalam kasus COVID-19 pada hari Jumat, sehingga total kasus baru untuk minggu ini menjadi 1,57 juta, menurut Reuters. 

Sebelumnya, Kazakhstan dikabarkan akan memberikan bantuan kemanusiaan berupa 10.000 ton tepung ke Kyrgyzstan. 

“Dipandu oleh prinsip-prinsip persahabatan, aliansi, dan kemitraan strategis dengan Kyrgyzstan, Presiden Kassym-Jomart Tokayev memutuskan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada persaudaraan rakyat Kirgiz atas nama rakyat Kazakhstan,” juru bicara Presiden Berik Uali menulis di Facebook-nya pada 6 Mei. 

Pengumuman Kazakhstan datang dua minggu setelah negara itu mengumumkan awal distribusi dan administrasi vaksin COVID-19 nasionalnya sendiri 'QazVac'.

Hingga 7 Mei, lebih dari 1,6 juta orang di Kazakhstan telah menerima setidaknya satu dosis vaksin untuk melawan COVID-19, menurut Kementerian Kesehatan negara itu.

(ws/ant/rls/pp)