Home Agama Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief Lepas Calhaj Kloter Pertama Embarkasi Jakarta

Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief Lepas Calhaj Kloter Pertama Embarkasi Jakarta

Seluruh Calhaj Dipastikan Steril

153
0
SHARE
Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief Lepas Calhaj Kloter Pertama Embarkasi Jakarta

Keterangan Gambar : Calon jamaah haji Kloter pertama Embarkasi Jakarta, berbaris tertib memasuki ruang Serba Guna I, Asrama haji Pondok Gede, guna mengikuti seremonial pelepasan. (foto aboe)

Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief Lepas Calhaj Kloter Pertama Embarkasi Jakarta

Seluruh Calhaj Dipastikan Steril

Jakarta, parahyangan-post.com-Diiringi yel-yel penyemangat. Dipandu langsung oleh Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief. Suasana Aula Serba Guna I Asrama Haji Pondok Gede menjadi gemuruh, di tengah malam buta.

“Jamaah haji Indonesia?” (Hilman Latief)

“Mabrur… Sehat… Barokah  (calon jamaah haji secara bersamaan).

Setelah itu, calon jamaah haji Indonesia, kloter perta embarkasi Jakarta bergerak menuju bandara Soekarno Hatta dengan bus, Sabtu, 4/6, jam 02.45 Wib.

Meski sangat sederhana, seremonial pelepasan calhaj kloter pertama Embarkasi Jakarta ini sangat khidmad. Tampak wajah para calhaj sumringah dan bersemangat. Maklum, mereka sudah lama menunggu dengan harap-harap cemas. Bahkan  dua tahun terakhir pun nasib keberangkatannya terkatung-katung gegara covid-19.

Dalam upacara pelepasan tersebut tampak juga sejumlah tamu kehormatan, diantaranya Perwakilan Dubes Kerajaan Arab Saudi di Jakarta, Direktur Utama PT. Garuda Indonesia, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Perwakilan dari Kementerian Kesehatan.

Jamaah embarkasi Jakarta kloter pertama ini masuk asrama sorenya (Jumat 3/6). Kebanyakan dari Jakarta Selatan. Setelah istirahat sebentar di asrama kemudian disuruh masuk ke aula utama tempat seremonial pelepasan. Di pintu masuk mereka sudah langsung di X-ray. Ada dua pintu masuk yang disediakan alat tersebut. Satu untuk calhaj laki-laki. Dan satu pintu lagi untuk calhaj perempuan.

Di sini petugas sudah melakukan screening kepada seluruh jamaah. Barang-barang yang tidak boleh dibawa harus ditinggal. Ternyata masih banyak jamaah yang belum patuh atau atau belum paham. Buktinya masih banyak yang membawa air minum dan benda cair lain. Meski dalam sosialisasi sudah diingatkan. Petugas kemudian menyita  botol aqua dan semua barang yang tidaki boleh dibawa itu.   

Dalam sambutannya, Hilman Latief mengatakan, Kloter pertama embarkasi Jakarta terdiri dari 389 jamaah haji. Pelepasan keberangkatan yang pertama ini hanya melibatkan jamaah haji asal DKI Jakarta, yang didominasi oleh Jakarta Selatan. Sementara dari embarkasi lain, pada hari Sabtu juga ada yang berangkat, yaitu dari embarkasi Padang, Bekasi, Solo dan Surabaya.

Selain melepas para jemaah, Hilman menyampaikan para jamaah haji ini sudah dapat dipastikan steril dan bersih secara kesehatan. Ia menegaskan semua jamaah lengkap dosis vaksin dan kondisi kesehatannya sudah dapat dipastikan aman.

"Vaksin jamaah haji kita sudah lengkap, sudah tes PCR yang wajib. Minimal mereka juga sudah vaksin dua kali, bahkan vaksin meningitis. Harapannya jamaah haji kita sudah memenuhi syarat tinggal penerapan kesehatannya saja," tegas Hilman.*** (aboe/pp)