Home Polkam Bawaslu DKI Jakarta Sosialisasikan Pengawasan Pemilu Partisipatif

Bawaslu DKI Jakarta Sosialisasikan Pengawasan Pemilu Partisipatif

Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Berpartisipasi

187
0
SHARE
Bawaslu DKI Jakarta Sosialisasikan  Pengawasan Pemilu Partisipatif

Bawaslu DKI Jakarta Sosialisasikan  Pengawasan Pemilu Partisipatif

Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Berpartisipasi

Jakarta, parahyangan-post.com-  Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta menyelenggarakan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif di Sunlake Hotel, Danau Sunter,Jakarta Utara, Sabtu- Minggu ,  5-6 November 2022.

Kegiatan menghadirkan dua orang pembicara utama yaitu Siti Khofifah (Komisioner Bawaslu DKI Jakarta 2017-2022)  dan Joseph Yestiawan (penggiat Demokrasi).

Dalam paparannya Joseph mengatakan, Reformasi telah kehilangan tujuan utamanya. Ditandai dengan semakin  mengguritanya oligarki. Tokoh-tokoh yang berhasil masuk ke Senayan pada Pemilu-pemilu  lalu,  bukan tokoh yang dibutuhkan rakyat.

“Padahal, dulu, tahun 1998,  kita turun ke jalan adalah untuk memberangus oligarki yang membuat demokrasi mati suri,” tuturnya.

Maka, lanjut Joseph,  kehadiran Bawaslu dan organisasi  pemantau pemilu  merupakan  instrumen penting untuk menghasilkan pemilu berkualitas. Mereka adalah  wasit yang adil bagi seluruh konstentan.

Menurutnya, Pemilu sangat rentan dimasuki oleh tokoh-tokoh berkarakter jahat untuk memenangkan pertempuran. Tetapi tokoh jahat itu dapat diimbangi dengan kehadiran tokoh jujur dan bersih.

“Masalahnya kalau tokoh jahat itu bersekutu dengan tokoh jujur untuk menang, maka pemilu kehilangan substantif demokrasinya. Bisa jadi yang duduk di parlemen nantinya  adalah orang-orang yang tidak berkompeten, ” terang Joseph.

Joseps mengilustrasikan pertempuran dalam pemilu mendatang dengan cerita film “Constantin”. Film ini g mengisahkan pertempuran atara setan dan malaikat untuk menjaga kedamaian dunia. Tokoh utama dalam film tersebut John Constatin  akhirnya harus berkorban atau bunuh diri agar setan bisa dikalahkan dan dunia kembali damai.

“Bawaslu dan para pemantau Pemilu harus siap  seperti John. Siap berkorban untuk menjadikan pemilu mendatang berkualitas. Kalau tidak, pemilu  2024 bisa akan lebih buruk dari pemilu – pemilu lalu,” terangnya.

Sementara,  Ketua Bawaslu DKI Munandar Nugraha mengatakan akan berjuang dengan sekuat tenaga agar pemilu 2024, terutama di Jakarta, dapat berjalan lancar dan bersih. Bebas dari kecurangan.

“Kegiatan  ini dimaksudkan untuk  menjalin sinergitas Bawaslu DKI Jakarta semua  elemen masyarakat yang terlibat dalam Pemilu 2024 mendatang. Sehingga Pemilu dapat berjalan lancar dan berkualitas.” Tuturnya.

Bawaslu DKI, lanjutnya,  tidak bisa bekerja sendirian. Pihaknya  perlu bersinergi dengan semua lapisan masyarakat terutama para pemantau pemilu resmi yang sudah mendaftarkan organiasi/lembaga mereka.

Sedangkan Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu DKI, Burhanuddin menjelaskan, kegiatan yang bertema “Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif pada Pemilu Serentak 2024” dimaksudkan untuk menjaring partisipasi masyarakat agar ikut menyukseskan Pemilu mendatang.

“Bawaslu DKI siap bersinergi dengan seluruh pemantau pemilu. Silakan kawan-kawan memanfaatkan kantor Bawaslu DKI untuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kelancaran pemilu dan memaparkan hasiul temuannya di lapangan. Kita punya media center. Kawan-kawan pemantau pemilu yang membutuhkan media untuk mensosialisasikan hasil temuannya di lapangan bisa memanfaatkan media center Bawaslu DKI,” tuturnya.

Ketua panitia Afifuddin Syahkubat mengatakan kegiatan dihadiri seratusan peserta berasal dari organisasi-organisasi pemantau pemilu. Baik yang sudah terverifikasi maupun yang belum. Juga hadir dari kalangan kampus dan media. Diantara media yang hadir tampak dari  Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI).   

Seluruh Ketua dan pejabat fungsional Bawaslu DKI juga hadir dalam pertemuan ini. Diantaranya  Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi Sitti Rakhman. Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Benny Sabdo. Koordinator Divisi Hukum, Pendidikan dan Pelatihan Reki Putera Jaya.*** (aboe/pp)