Home Agama BANTUAN TAHAP 1 PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT INDONESIA HEBRON, PALESTINA

BANTUAN TAHAP 1 PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT INDONESIA HEBRON, PALESTINA

PENYERAHAN SECARA SIMBOLIK

222
0
SHARE
BANTUAN TAHAP 1 PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT INDONESIA HEBRON, PALESTINA

JAKARTA [ www.parahyangan-post.com ] - Bertempat di Aula Gedung MUI Pusat, Jakarta, pada Selasa 25 Mei 2021 telah dilaksanakan penyerahan secara simbolik bantuan dana tahap 1 untuk pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSIH), sebesar Rp. 19.000.000.000 (sembilan belas milyar Rupiah) dari MUI kepada Walikota Hebron, Yang Terhormat Bapak Tayser Abu Sneineh, yang diserahkan oleh Ketua Umum MUI Pusat KH. Miftachul Akhyar kepada Duta Besar Negara Palestina untuk Republik Indonesia, Yang Mulia Bapak Zuhair Al-Shun.

Sebagaimana diketahui, pada 20 Januari 2020 Pengurus MUI Pusat yang berinisiatif memberi bantuan kemanusiaan kepada bangsa Palestina berupa sebuah Rumah Sakit telah mendapatkan dukungan dan kerjasama yang sangat baik dari Walikota Hebron, Yang Terhormat Bapak Tayser Abu Sneineh, yang kemudian ditindaklanjuti dengan penandatanganan MOU antara Pimpinan MUI Pusat yang diwakili oleh KH Dr. Muhyidin dengan Walikota Hebron, di Amman, Yordania, pada 20 Januari 2020, dengan disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Negara Palestina, berkedudukan di Amman, Yordania. Dalam MOU tersebut antara lain dinyatakan kesepakatan kerjasama antara Pengurus MUI Pusat dengan Walikota Hebron untuk pembangunan RSIH dimana pihak Pengurus MUI Pusat akan menyediakan dan mengupayakan biayanya sebesar Rp 100.000.000.000 (seratus Milyar Rupiah) dari donasi kemanusiaan seluruh masyarakat Indonesia, sementara pihak Walikota Hebron akan menyediakan lahannya seluas 4000 m2.

Pasca penandatanganan MOU tersebut, Pengurus MUI Pusat cq Panitia Pembangunan RSIH pada Februari – Desember 2020 telah mengadakan kegiatan penggalangan dana dan berhasil terkumpul sebesar Rp 2.000.000.000 (dua milyar Rupiah). Kemudian setelah terbentuknya Pengurus MUI Pusat periode 2020-2025, telah dibentuk pula kepanitiaan Pembangunan RSIH yang diketuai oleh Prof. Dr. Sudarnoto Abdul Hakim, Ketua MUI Pusat Bidang Hubungan Luar Negeri & Kerjasama Internasional. Panitia baru tersebut pada 17 Mei 2021 telah mencanangkan “Gerakan Aliansi Amal Kemanusiaan Untuk RSIH Palestina” dalam rangka mengajak dan mendorong seluruh masyarakat Indonesia untuk berdonasi bagi segera terwujudnya RSIH. Sejak dicanangkannya Gerakan tersebut, sampai Ahad 23 Mei 2021 telah berhasil dikumpulkan dana sebesar Rp 17.000.000.000 (tujuh belas milyar Rupiah).

Keseluruhan dana yang telah berhasil digalang MUI, baik kepengurusan periode terdahulu maupun kepengurusan periode saat ini yang mencapai Rp 19.000.000.000 (sebilan belas Milyar Rupiah) tersebut pada hari ini diserahkan secara simbolik kepada Duta Besar Negara Palestina di Jakarta, Yang Mulia Bapak Zuhair Al Shun.

Setelah penyerahan simbolik tahap 1 ini, kegiatan penggalangan dana untuk pembangunan RSIH masih akan terus dilakukan oleh MUI - Panitia Pembangunan RSIH dan akan diserahkan secara bertahap kepada pihak Palestina melalui mekanisme yang akuntabel, bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri RI dan KBRI Amman yang merangkap untuk Negara Palestina. Untuk itu, MUI melalui Panitia Pembangunan RSIH terus mengharapkan dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat Indonesia untuk terus memberikan donasi melalui rekening MUI di BNI Syariah nomor 0842531400. Donasi yang telah diberikan dapat disampaikan kepada dua (2) narahubung Panitia Pembangunan RSIH, masing-masing (1) Erni Juliana (08111061668) dan (2) Amirah Nahrawi (08179913136).

Pembangunan RSIH ini merupakan salah satu bentuk ungkapan solidaritas dan dukungan MUI bagi perjuangan bangsa Palestina dalam mencapai kemerdekaannya dan dalam menghadapi agresi penjajahan Israel. Dukungan MUI tidak hanya diwujudkan dalam bentuk bantuan kemanusiaan saja, tetapi juga dukungan politis melalui Pemerintah RI agar terus menjadi garda terdepan dalam penyelasaian damai agresi penjajahan Israel yang tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. MUI juga berkomitmen untuk senantiasa siap memfasilitasi rujuk nasional Palestina karena MUI yakin bahwa tanpa persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa Palestina maka agresi penjajahan Israel atas Palestina tidak akan bisa dihentikan. MUI yakin, Insha Allah dengan dukungan penuh dan solidaritas seluruh bangsa Indonesia, niat baik bangsa Indonesia untuk membantu bangsa Palestina dapat berhasil.

(rls/rat/pp)