Home Nusantara B0 Rigid Pavement Pelebaran Jalan Tole IskandarTerkesan Asal Jadi

B0 Rigid Pavement Pelebaran Jalan Tole IskandarTerkesan Asal Jadi

1,776
0
SHARE
B0 Rigid Pavement Pelebaran Jalan Tole IskandarTerkesan Asal Jadi

Depok, Parahyangan-Post.com - Proyek pekerjaan pelebaran jalan Tole Iskandar senilai milyaran rupiah telah bergulir selama beberapa minggu.Namun saat pekerjaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) simpang Masjid jalan tersebut, kondisi permukaan lantai kerja (B0) untuk beton ready mix setebal 20cm tampak tidak rata sehingga terkesan dikerjakan asal jadi.

 

Salah seorang warga Depok yang tengah berada dilokasi dan tak mau namanya dicantumkan, Sabtu dinihari (17/9/2016) mempertanyakan kondisi lantai kerja tersebut tampak jelas bergelombang (Corrugation), serta terlihat benjol dan turun (Hump and Sags).

 

"Coba lihat, itu B0 bergelombang gitu apa boleh, biasanya B0 permukaannya harus rata, ini kayaknya dibuat asal jadi aja nih.Jika boleh bergelombang gitu buat apa pake B0, cukup pakai leveling makadam atau split aja buat nutup lobang jalanan, buang-buang duit rakyat saja", ketusnya.

 

Pantauan sejumlah wartawan dilokasi malam itu, selain lantai kerja bergelombang, tinggi bekisting dari permukaan B0 variabel, pada salah satu titik ada yang tingginya 18, 19 dan 20cm.Lalu lintas pun tampak semrawut lantaran sempat terjadi kemacetan dan sebagian panjang hamparan B0 dibiarkan dilalui lalu lintas kendaraan.

 

Salah seorang Kepala Seksi Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok, Adi Risdianto saat dijumpai dilokasi pekerjaan Perkerasan Lentur (Fleksibel Pavement) pelebaran jalan tersebut malam itu kepada wartawan menyatakan, tidak masalah B0 itu bergelombang, jalan akan tetap kuat walau lantai kerjanya bergelombang, tidak ada kesalahan kontraktor pelaksana dalam hal tersebut.

 

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, ada beberapa fungsi rabat beton lantai kerja, diantaranya sebagai penahan kelembaban/rembesan air serta sebagai perata permukaan dan penstabil permukaan.

 

B0 merupakan beton kelas 1 yang memiliki kekuatan tekan beton dibawah 100kg per m2, kekuatan tekannya diperoleh setelah berumur 28 hari dari pembuatan, namun untuk pemeriksaan mutu tekannya tidak di isyaratkan. (iki)