Home Edukasi 2 SRIKANDI SMA MUHI IKUTI STUDENT EXCHANGE DI UNITED KINGDOM

2 SRIKANDI SMA MUHI IKUTI STUDENT EXCHANGE DI UNITED KINGDOM

119
0
SHARE
2 SRIKANDI SMA MUHI IKUTI STUDENT EXCHANGE DI UNITED KINGDOM

YOGYAKARTA - www.parahyangan-post.com - Siswa SMA Muhi tidak pernah berhenti memberikan kejutan.  Terbaru 2 siswa SMA Muhi lolos untuk mengikuti student exchange ke City College Plymouth, United Kingdom. Keberhasilan ini dapat memberikan sumbangsih prestasi internasional pertama untuk SMA Muhi di tahun 2023. Adapun 2 siswa yang lolos tersebut adalah Dzakiya Amirah Pramudyana dari XI MIPA 4 dan Camila Fauziyah Mas’udi dari XI IPS 1.

2 siswa terpilih tersebut telah mengikuti rangkaian tes akademik dan tes Bahasa Inggris. Siswa SMA Muhi sejak kelas X sudah dipersiapkan untuk bisa berkomunikasi secara global. sejak tahun 2021 sekolah telah menyelenggarakan pembelajaran bahasa Inggris bersama Teachcast With Oxford yang membantu siswa untuk belajar komunikasi bahasa Inggris. SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta telah bekerjasama dengan ACT Educations Solutions Limited (ACT) International untuk melaksanakan program Global Assessment Certificate (GAC). Program GAC ini membekali peserta didik dengan kualifikasi masuk 100 perguruan tinggi di dunia.

Program student exchange  ini merupakan implementasi atas kerjasama SMA Muhi dengan City College Plymouth, United Kingdom. Program yang didukung oleh tim PDVL Overseas Advisory Indonesia ini tidak hanya mengundang pelajar dari Indonesia saja, tapi juga diikuti oleh beberapa siswa dari negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam. 

Menurut Tri Hari Nurdin, M.Pd selaku wakil kepala urusan humas, program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan siswa untuk mengikuti kegiatan belajar di Eropa. Beliau mengatakan 2 siswa pilihan ini akan mengikuti program pertukaran pelajar selama 6 bulan. Dengan demikian akan menambah wawasan dan pengalaman siswa. Dalam pelaksanaannya, peserta akan mempelajari International Foundation Program, dimana siswa akan diberikan sebuah kualifikasi internasional agar dapat melanjutkan kuliah di luar negri tanpa harus mengikuti foundation year selama 1 tahun (pre-univeristy). "Diharapkan setelah mereka selesai mengikuti program pertukaran pelajar tersebut, siswa sudah mengantongi sebuah kualifikasi untuk digunakan dalam mendaftarkan ke universitas favorit di seluruh dunia," ujarnya.

Program ini akan berlangsung selama 6 bulan dimulai pada 21 Januari 2023 – 7 Juli 2023. “Saya merasa senang dan bangga, dapat mewakili Muhi dan Indonesia dalam acara Student Exchange di Inggris ini. Terimakasih bapak ibu guru SMA Muhi yang selalu mendukung, dan juga orang tua yang selalu memberikan doa terbaik.” Ungkap Dzakiya dengan ramah.

Menurut Drs H Herynugroho, M.Pd selaku kepala sekolah, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta berkomitmen menjawab tantangan zaman dengan membekali peserta didik dengan kemampuan yang dibutuhkan menghadapi era industri 4.0. Menurutnya kegiatan ini juga merupakan implementasi program Internasionalisasi Gerakan Muhammadiyah. “Internasionalisasi gerakan Muhammadiyah adalah proyek besar yang bertujuan bukan hanya memperkenalkan tapi juga menempatkan dan menjadikan Muhammadiyah sebagai bagian dari umat islam yang tak terpisahkan di level global.  Internasionalisasi gerakan Muhammadiyah harus dibarengi dengan gerakan internasionalisasi paham pemikiran Muhammadiyah” pungkas beliau.

(
Yusron Ardi Darmawan M.Pd/PP)