Agama

Menag : Suryadharma Ali

Perlu Adanya TV Islam Internasional

Administrator | Rabu, 04 Desember 2013 - 02:19:09 WIB | dibaca: 13324 pembaca

Menteri Agama, Suryadharma Ali, Didampingi Sekjen Rabithah Alam AL Islami, Dr.Abdullah bin Abdul Mohsen AL Turki,saat Konfrensi Pers Pembukaan Konfrensi Internasiona Media Massa Islam (Foto:rat/pp)

JAKARTA, Parahyangan-Post,com  - Menteri Agama Suryadharma Ali merekomendasikan usulan terbentuknya sebuah media televisi Islam Internasional yang berada dalam naungan Rabithah Alam Islami (Liga Islam Dunia). 

Usulan dibentuknya Media Islam Internasional itu disampaikan Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Suryadharma Ali saat konferensi pers usai Pembukaan Konferensi Internasional Media Islam di Jakarta, Selasa, (3/12). 

“Kita usulkan hasil dari konferensi ini perlu sebuah Media Islam Internasional yang kuat dibawah naungan Rabithah Alam Islami,” ujar Menag.

Kehadiran sebuah Media Islam Internasional ini, menurut Menag sangat penting. Sebagai penyeimbang pemberitaan tentang Islam yang selalu terdiskriminasi di dunia internasional. 

“Media Islam Internasional itu bertujuan menjelaskan Islam sesungguhnya yang menyampaikan pesan damai dan toleransi,“ujar Menag.

Selama ini, beberapa media barat dinilai Menag sudah tidak memiliki objektifitas memberitakan Islam. Secara pemberitaan beberapa kasus konflik horizontal di dalam dan luar negeri pun dianggap seringkali memprovokasi dengan isi pemberitaan yang kurang berimbang. 

Dengan kondisi Indonesia yang lebih stabil, Indonesia pun diusulkan sebagai negara yang paling cocok mendirikan Media Islam Internasional. Indonesia, kata Menag, memiliki kelebihan menghadirkan sebuah media televisi Islam internasional. 

Dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), Indonesia memiliki perguruan tinggi Islam yang dapat mendukung hadirnya sebuah media Islam. Dari perundang-undangan, Indonesia juga memiliki kelebihan kebebasan pers yang lebih baik dibanding negara Islam yang lain. 

Usulan ini disambut baik Sekjen Rabithah Alam Islami, Abdullah Abdul Muhsin At Turki. Menurut dia, pemberitaan tentang Islam di dunia internasional yang cenderung dideskreditkan, telah membuat Islam selalu diadu domba. Media Islam yang ada pun dinilai kurang strategi untuk mengimbangi pemberitaan negatif dari media barat.

Karenanya memang dibutuhkan sebuah saluran media televisi Islam yang bisa mencakup secara Internasional. Selama ini peran Rabithah dinilai masih belum terasa menghadirkan sebuah media Islam internasional, karena Rabithah baru bekerjasama dalam saluran pemberitaan.

Abdullah berharap dalam Konferensi Media Internasional Islam ini bisa merealisasikan usulan dibentuknya sebuah media televisi Islam Internasional tadi. Sehingga harapan besar umat Islam dunia Internasional dengan hadirnya sebuah media penyeimbang dengan strategi dan kemampuan IT yang mumpuni bisa terwujud.

Dalam era informasi dewasa ini, lanjut Menteri Agama, umat manusia dihadapkan pada perubahan nilai bahwa seolah apa yang dikatakan media massa adalah benar, akurat, dan dapat dipercaya. Realitas social telah dipersempit maknanya menjadi “realitas media” atau realitas seperti apa yang tertera dalam media.

Kecenderungan penyempitan makna informasi bukan hanya harus menjadi kesadaran bersama, tetapi juga semakin menambah besar tanggung jawab social media massa.

Sementara itu, Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat mengungkapkan, usulan pembentukan sebuah Media Islam Internasional itu, bisa jadi salah satu usulan dari Indonesia dalam konferensi ini. Rekomendasi-rekomendasi dalam konferensi pun akan dibahas antar negara Islam agar menjadi langkah konkrit hasil dari konferensi mendatang. 

“Kami memandang ketika usulan itu disampaikan ke Rabithah sambutan dari Sekjen Rabithah sangat baik. Dan kita berharap kerjasama peluang ini bisa menjadi rekomendasi utama dari Konferensi ini,” ujar Sekjen.

Penyelenggaraan Konfrensi Media Massa Islam Internasional pertama diselenggrakan tahun 1980 di Jakarta. Untuk konfrensi tahun ini merupakan konfrensi yang ke-3, terselenggara berkat adanya kerjasama Rabithah Alam Al Islami dengan berbagai pihak, yang dihadri oleh delegasi dari beberapa Negara, pimpinan organisasi Islam, akademisi, dan para tamu undangan lainnya. (tim/pp)










Komentar Via Website : 142
Obat Gagal Ginjal Kronis
19 Maret 2014 - 15:53:08 WIB
Terima kasih gan atas info nya semoga bermanfaat http://goo.gl/rA8Kst
Obat Darah Tinggi
20 Maret 2014 - 08:16:34 WIB
Jelly Gamat Gold-G adalah obat herbal alami yang ampuh untuk mengobati hipertensi simak sejelas nya di http://goo.gl/FFYeYZ | http://goo.gl/qQRYgj
Obat Penyakit Gagal Ginjal
20 Maret 2014 - 11:56:13 WIB
Jelly Gamat Gold-G adalah solusi paling tepat untuk mengobati penyakit gagal ginjal lihat selengkap nya di https://mysp.ac/GbXm
Obat Penurun Hipertensi
20 Maret 2014 - 14:48:00 WIB
Jelly Gamat Gold-G adalah solusi paling tepat untuk menurunkan hipertensi untuk info lebih jelas nya silah kan klik http://goo.gl/vefOTE
Obat Penurun Hipertensi
21 Maret 2014 - 11:25:51 WIB
Terima kasih atas informasi nya semoga bermanfaat
http://goo.gl/SZFzXc
Obat Penurun Hipertensi
21 Maret 2014 - 12:36:26 WIB
Terima kasih atas informasi nya semoga bermanfaat
http://goo.gl/SZFzXc
Obat Darah Tinggi Herbal
25 Maret 2014 - 10:48:25 WIB
Terima kasih atas info nya sangat bermanfaat sekali
http://goo.gl/WjMaUk
Obat Tradisional Kolesterol
25 Maret 2014 - 14:20:50 WIB
Terima kasih atas info nya sangat bermanfaat sekali gan
https://mysp.ac/HBsj
Obat Darah Tinggi Herbal
26 Maret 2014 - 08:01:43 WIB
Terima kasih atas info nya http://goo.gl/R9gPVe
Group Point Blank Bebedahan
26 Maret 2014 - 10:35:32 WIB
Terima kasih atas informasinya sangat bermanfaat sekali
http://goo.gl/Da7tIR | http://goo.gl/sZh6We |http://goo.gl/k7tLiz| https://mysp.ac/GQOn


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)