Nusantara

Anies Baswedan

Kunjungi Bukittinggi, Anies Baswedan Menginap di Rumah Warga

Administrator | Kamis, 21 November 2013 - 10:54:05 WIB | dibaca: 7848 pembaca

BUKITTINGGI, Parahyangan-Post.com-  Saat melakukan kunjungan ke Bukittinggi, Sumbar, Anies Baswedan tidak memilih menginap di hotel, melainkan menginap di rumah seorang warga di Nagari Kamang Hilir Kecamatan Tilatang Kamang. Lokasi desa pegunungan tersebut berjarak berjarak sekitar 30 km dari kota Bukittinggi.

Anies memilih untuk tinggal di rumah warga karena ingin membaur bersama warga dan mendengar cerita-cerita mereka secara langsung.

“Saya bisa saja menginap di hotel sebagaimana biasanya orang luar kota yang berkunjung ke suatu kota, di hotel aman, nyaman dan semuanya tersedia lengkap, tetapi saya akan berjarak dan merasa kesepian jika harus tinggal di hotel. Tinggal dengan di rumah warga di desa memang tidak ada fasilitas seperti di hotel, tetapi interaksi langsung dengan masyarakat desa bagi saya adalah suatu kemewahan,” kata  rektor Universitas Paramadina di Bukittinggi (20/11).

Mengetahui ada tokoh nasional yang menginap di kampungnya, warga masyarakat desa Kamang pun langsung berdatangan ke rumah dimana Anies menginap. Mereka ingin bertemu dan berfoto langsung dengan kandidat presiden dalam Konvensi Partai Demokrat tersebut.

Saat berjamaah sholat maghrib di masjid setempat, Anies langsung didaulat oleh warga untuk mengisi pengajian. Pengajian tersebut pun di'broadcast' langsung melalui pengeras suara masjid sehingga warga berdatangan mendengarkan ceramah cucu pahlawan nasional AR Baswedan tersebut.

Ketua adat setempat Datuak Nan Labiah, tetua persukuan Djambak yang mewakili masyarakat mendaulat Anies berceramah, menyampiakan bahwa warga masyarakat tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas bertemu dengan calon presiden. Oleh karena itu mereka berinisiatif untuk meminta Anies memberikan ceramah selama lebih dari dua jam di Masjid. “Bahkan, setelah acara ceramah, warga masih berdatangan di rumah dimana Anies menginap, mereka ‘nonkrong’ di rumah kami sampai pagi”, kata Datuak.

Kunjungi Rumah  kelahiran Bung Hata

Sebelumnya, Peserta konvensi Calon Presiden Anies Baswedan secara khusus berkunjung ke rumah kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi.  Di rumah kelahiran Sang Proklamator tersebut, Anies cukup lama mengamati detail demi detail ruangan rumah dan mempelajari foto-foto serta peninggalan Hatta lainnya. Staf pemerintah yang menjaga rumah tersebut, Ibu Dessi Wanty, dengan detail juga memberikan penjelasan mengenai sejarah keluarga Bung Hatta.

Rumah kelahiran Bung Hatta ini sengaja dikunjungi oleh Anies Baswedan. Menurut Anies ,  kenapa rumah Bung Hatta yang dikunjungi? Karena bagi Anies, yang juga cucu salah satu founding fathers AR Baswedan ini, Bung Hatta adalah sosok pendiri bangsa yang berintegritas. Indonesia hari ini perlu orang bersih untuk jadi pemimpin, agar pemimpin jadi teladan dan mampu membersihkan negeri. Hatta adalah orang berpendidikan amat tinggi, lahir dari keluarga yang berkecukupan bahkan sampai sekolah ke negeri penjajah tetapi tetap peduli pada nasib saudara sebangsa, nasib orang banyak.  Bung Hatta dan AR Baswedan memang bersahabat baik, dan persahabatan itu diteruskan hingga anak-cucunya sekarang.

“Bung Hatta lahir di ranah minang, beradat minang, berpendidikan Barat, dan tetap sebagai nasionalis tulen. bekerja secara penuh untuk bangsa. Hatta bahkan mencintai bangsanya melebihi cintanya pada dirinya sendiri”, ungkap Anies.

Ditanya soal apa yang relevan dari Bung Hatta terkait dengan pencalonan dirinya sebagai presiden RI 2014 melalui Konvensi Partai Demokrat, Anies menjawab bahwa ke depan ia ingin agar para pemimpin bangsa ini adalah orang-orang yang memiliki integritas sebagaimana Bung Hatta, Sukarno, Natsir, dan sebagainya. Anies tidak ingin kondisi bangsa ini seperti sekarang ini dimana yang duduk ditampuk kepemimpinan justru orang-orang yang rapuh integritasnya.

“Pada awal kemerdekaan, para pemimpin kita, para politisi kita adalah orang-orang yang sederhana dan memiliki integritas sehingga menimbulkan suasana positif dan harapan bagai rakyatnya, lha..lha sekarang, yang terjadi justru sebaliknya”, tambah Anies.

Sementara itu, Ibu Dessy Wanty, seorang staf Dinas Pariwisata setempat, yang menjadi penjaga rumah Bung Hatta mengungkapkan kegembiraannya didatangi oleh Anies Baswedan.

“Pak Anies tidak pernah bercerita kalau akan berkunjung ke sini, kedatangannya begitu mendadak sehingga kami tidak sempat bersiap-siap”, katanya.

Lebih lanjut Ibu Dessy memberikan dukungan dan doa secara langsung kepada Anies Baswedan. Sebelum mengajak foto bersama, Ibu Dessy mendoakan Anies Baswedan agar menjadi presiden RI selanjutnya dan berpesan agar jangan lupa pada dirinya jika suatu saat jadi orang nomor satu di negeri ini.

Disamping mengunjungi rumah peninggalan Bung Hatta, Anies juga menyempatkan memberikan ceramah motivasi tergadap sekitar seribu siswa dan guru SMA se-Bukittinggi yang diselenggarakan di aula sekolah SMA 1 Bukittinggi. (chozin/il/pp)

 










Komentar Via Website : 70
Legalitas Jelly Gamat
17 Januari 2014 - 07:44:52 WIB
http://goo.gl/kPXMhd
Waw Keren,,
Obat Herbal Diebetes
17 Januari 2014 - 08:10:47 WIB
http://goo.gl/Ps1FFt
Terimakasih,, infonya sangat menarik,,
Obat Herbal Kolsesterol
17 Januari 2014 - 09:42:35 WIB
http://goo.gl/f7r8WI
waw mantab cinn,,
Obat Darah Tinggi dan Kolesterol
17 Januari 2014 - 13:31:46 WIB
http://goo.gl/aIDv76
Waw Keren,,
Obat Herbal Sesak Nafas
17 Januari 2014 - 16:00:22 WIB
http://goo.gl/lGTJ22
waw ajip dah,,
Obat Herbal Kista Ovarium
18 Januari 2014 - 08:23:29 WIB
http://goo.gl/f91HZt
waw keren,,
Obat Herbal Asam Urat
18 Januari 2014 - 14:28:18 WIB
Terimakasih,, Web kk sangat bagus,,
http://wp.me/P4geIu-3
Obat Luka Lambung Tradisional
22 Januari 2014 - 13:33:21 WIB
makasi ya infonya
salam sehat
http://goo.gl/GDV6QD
Obat Herbal Darah Tinggi
23 Januari 2014 - 08:18:29 WIB
http://goo.gl/3fzKXJ
terimakaih,, semoga menjadi amal ibadah gan,,
Obat Herbal Asam Urat
24 Januari 2014 - 14:31:25 WIB
http://goo.gl/IcRdQb
manjtab gan,, sukses selalu ya,,


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)