Home Edukasi YAQIN akan Memberikan Edukasi Tentang Pers yang Benar dan Bermartabat

YAQIN akan Memberikan Edukasi Tentang Pers yang Benar dan Bermartabat

Saat Lauching Pertengahan November 2020

230
0
SHARE
YAQIN akan Memberikan Edukasi Tentang Pers yang Benar dan Bermartabat

Keterangan Gambar : Para pendiri Yayasan Anugerah Qalam Indonesia (YAQIN),dari kiri ke kanan, H. Imansyah Hakim al Rasyid, H. Juwito Faisal, H. Ismail Lutan dan W. Suratman. (foto yakin)

YAQIN akan Memberikan Edukasi Tentang Pers yang Benar dan Bermartabat

Cileungsi, parahyangan-post.com- Yayasan Qalam Indonesia (YAKIN) akan menyelenggarakan diskusi dan pelatihan mengenai pers yang benar dan bermartabat. Hal tersebut disampaikan salah seorang pimpinan YAQIN H. Imansyah Hakim Al Rasyid di Sekretariat Yayasan,  Kampung Kubang RT 010/RW 05 Desa Jatisari, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor (Timur), awal Oktober.

“Banyak  keluhan  dari lurah  di Kecataman Cileungsi, dan juga di wilayah lain. Mereka merasa tidak nyaman dengan praktek jurnalistik yang tidak bermartabat, kasar dan arogan. Ada kesan wartawan itu hanya mencari kesalahan. Sementara keberhasilan (kesuksesan) program lurah tidak pernah diekspos.  Makanya mereka minta diedukasi seperti apakah sih sebenarnya kerja wartawan yang benar itu. Sampai di mana sih wartawan boleh mencari berita di lingkungan mereka,” tutur Imansyah kepada parahyangan-post.com.

Menjawab keluhan tersebut, lanjut Iman, pihaknya merasa mempunyai tanggung jawab moral untuk meluruskan  praktek-praktek jurnalistik yang tidak benar tersebut. Karena yayasan yang lahir tahun 2017 ini didirikan oleh para wartawan senior yang sudah berpengalaman puluhan tahun di bidang jurnalistik

“Kita punya tanggung jawab moral untuk meluruskan praktek-praktek menyimpang itu. Sebab oleh ulah mereka , istilahnya wartawan Bodrek,  wartawan yang bekerja sesuai etika pers dan patuh kepada kode etik jurnalistik terkena imbasnya. Lurah atau pejabat di tingkat paling bawah menjadi tidak care dengan wartawan,” tambah Iman.

Launching

Lebih jauh Imansyah mengatakan edukasi jurnalistik untuk aparat di tingkat akar rumput tersebut akan  dilaksanakan bersamaan dengan launching dan peresmian kantor baru YAQIN, pertengahan November mendatang. Peresmian juga akan mengundang tokoh-tokoh nasioanal dan tokoh lokal.

YAQIN didirikan oleh sejumlah wartawan senior, diantaranya Pemimpin Redaksi Tabloid Alinea Baru H. Ismail Lutan, Pemimpin Redaksi parahyangan-post.com W. Suratman, pengamat pendidikan yang juga kandidat Doktor Universitas Ibnu Khaldum Bogor H. Juwito Faisal dan H. Imansyah sendiri yang selain wartawan juga aktivis dakwah.

Menurut Imansyah, YAQIN  bergerak di bidang dakwah, pendidikan, dan sosial.

Untuk kegiatan mengedukasi masyarakat mengenai pers yang bermartabat tersebut, lanjut Imansyah, pihaknya akan menghadirkan tokoh-tokoh pers yang kredibel dan mumpuni, diantaranya  wartawan senior LKBN ANTARA  Muhammad  Anthoni, dosen publisistik UNISMA yang juga Ketua Umum Persaudaraan Jurnalistik Muslim Indonesia (PJMI),  Iwan Syam dan tokoh Nasional Jend Polisi  (Purn)  DR Anton Tabah.*** (aboe/pp)